Jum'at, 25 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

EURO 2012: PORTUGAL VS REP. CEKO, Ronaldo bawa Seleccao unggul 1-0 menit ke-79

  -   Jum'at, 22 Juni 2012, 03:21 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA: Cristiano Ronaldo membawa Portugal unggul 1-0 memanfaatkan crossing dari Moutinho, menanduk bola untuk menaklukkan Cech menit ke-79.

 

Nama Ronaldo benar-benar dielu-elukan oleh para fans Portugal pasca gol tadi. Portugal kini terlihat lebih meyakinkan untuk melaju ke semi-final.
 
 
Gol ini menjadi yang kesepuluh bagi Ronaldo di ajang Euro, tujuh sebelumnya dia cetak di babak kualifikasi gelaran empat tahunan ini.

 

Pada pertandingan partai perempatfinal pertama Piala Eropa 2012 malam ini, 22/6/2012, Portugal menggunakan jersey ke-2nya, yaitu putih putih, sedangkan Ceko mengunakan Jersey kebanggaannyawarna merah. 

 

Sejak menit awal babak 1, pemain-pemain Portugal mengurung pertahanan Ceko. Namun, pemain Ceko sering membalasnya dengan serangan balik cepat, seperti pada menit ke-6, Limbersky mengirim umpan crossing ke dalam kotak penalti. Ia berusaha membantu penyerangan Rep Ceko sebaik mungkin.

 

Pada menit ke-10, sundulan Sivok mampu menghalau crossing Nani sebelum Moutinho melakukan sebuah tendangan yang cukup membahayakan gawang Cech.

 

Peluang Ceko di menit ke-17, Baros gagal menggapai bola sodoran rekannya dengan kakinya, meski berbuah tendangan pojok untuk Repu Ceko.

 

Semenit kemudian, giliran Portugal bikin peluang. Portugal mendapatkan sepak pojok lagi setelah usaha berbahaya dilakukan Ronaldo. Sebuah crossing bagus mampu dimentahkan Darida.

 

Pertandingan makin keras, wasit pun hingga menit ke-27 sudah mengeluarkan dua kartu kuning kepada dua pemain Portugal,  yaitu untuk Nani dan Miguel Veloso.

 

Nani mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran tidak panas pada Limbersky. Kartu pertama di laga ini. Pemain Portugal bermain kasar. Kali ini giliran Veloso yang melakukan pelanggaran tidak pantas kepada Darida sehingga berbuah kartu kuning baginya.

 

Di luar dugaan, memasuki pertengahan babak 1, pemain VCeko mengalirkan serangan tanpa henti, hingga pertahanan Portugal pun kerepotan. Sejaun ini, Portugal baru sekali melepaskan tendangan shoot on target.

 

Kedua tim bermain sangat hati-hati membuat pertandingan tersebut menjadi tontonan yang membosankan. Hingga akhir babak 1, kedudukan masih tetap 0-0.

 

Sepanjang babak 1, Portugal mendominasi permainan dengan penguasaan bola hingga 56%, sedangkan Rep. Ceko 44%.

 

Namun, berdasarkan Soccernet, meski mendominasi penguasaan bola, tak banyak tembakan dari Portugal yang mengarah langsung ke gawang, yaitu hanya sekali dari lima tendangan langsung. Sepanjang babak 1, kedua tim mendapatkan lima tendangan sudut.

 

Memasuki babak ke-2, Portugal langsung menggebrak. Baru berjalan dua menit, gawang Cech langsung terancam. Gebrakan yang cukup mengancam di awal paruh kedua ini. Umpan silang dari Meireles menemui kepala Almeida, sayang, tandukan tersebut dari jarak dekat masih melayang di atas mistar.

 

Tiga menit kemudian, giliran Ronaldo yang memiliki peluang bersih. Kali ini sayap Real Madrid ini mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari jarak 30 meter. Cech sebetulnya sudah tak dapat menjangkau bola, sayangnya masih upaya Ronaldo masih melenceng tipis.

 

Pada menit ke-54, Ceko dapat [eluang emas. Sayang, Baros terlalu lama beraksi di area Portugal dan dia pun kemudian kehilangan bola. Si kulit bundar kembali dikuasai anak-anak Portugal.

 

Tak lama berselang, Ronaldo kembali memiliki peluang emas. Sayang sekali tendangan volinya masih melambung di atas mistar setelah dia memanfaatkan umpan matang dari Meireles.

 

Tendangan Ronaldo di menit ke-57 masih membentur Kadlec. Corner untuk Portugal. Sementara itu, statistik mencatat, enam dari sembilan tendangan percobaan Portugal itu berasal dari kaki Ronaldo.

 
Menit ke-59, giliran Nani bikin peluang. Tendangannya dari jarak 30 meter cukup menyulitkan Cech, bola dapat dihentikannya sebelum Selassie membuangnya keluar kotak penalti.
 
Pergerakan luar biasa diperlihatkan Pilar yang melewati Pepe di menit ke-61, namun sang pemain tidak dibantu rekan-rekannya yang lain untuk membongkar pertahanan Seleccao. Bola lantas dapat direbut kembali.
 
 
Cech melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-64. Kiper Chelsea itu melakukan peyelamatan luar biasa setelah mementahkan tendangan ambisius Moutinho.
 
 

Lagi dan lagi Portugal tak memanfaatkan kans sebaik mungkin. Almeida yang berada dalam posisi bebas tanpa terkawal, menanduk bola dengan meyakinkan. Sayang, melayang di atas mistar. Hal itu terjadi di menit ke-65.

 

Praktis, Portugal terus melancarkan tekanan. Kerja sama Ronaldo dan Nani masih dapat diredam barisan pertahanan Portugal.

 

Kebuntuan laga ini pun pecah usai Ronaldo, memanfaatkan crossing dari Moutinho, menanduk bola untuk menaklukkan Cech menit ke-79. 1-0 Portugal di atas angin..(api) (FOTO: Getty Images)

 

 

 

SUSUNAN PEMAIN:

REP. CEKO: Petr Cech, Theodor Gebre Selassie, Michal Kadlec, Tomas Sivok, David Limbersky, Jaroslav Plasil, Václav Pila, Tomas Hubschmann/ Tomas Pekhart 86', Petr Jirácek, Vladimír Darida/Jan Rezek 61', Milan Baros.

PORTUGAL: Rui Patricio, Bruno Alves, Kepler Laveran Lima Ferreira, Fabio Centrao, João Pereira, Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raúl Meireles/ Rolando 87', Nani/ Custodio 84', Cristiano Ronaldo, Hélder Postiga/ Hugo Almeida 40'

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

 


Editor :

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.