Kamis, 24 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

KONFLIK TIMUR TENGAH: Dukung Suriah, AS beri sanksi Hizbullah

Editor   -   Jum'at, 14 September 2012, 12:00 WIB

BERITA TERKAIT

WASHINGTON: Kementerian Keuangan AS menjatuhkan sanksi atas pemimpin kelompok gerilyawan dan gerakan politik Lebanon, Kamis (13/9), karena ia dikatakan membantu Suriah menggilas protes anti-pemerintah, dan dua anggota lagi karena "kegiatan teror" secara umum.

Para ahli mengenai sanksi menggambarkan tindakan terhadap Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah tersebut sebagai tindakan simbolis sebab berbagai hukuman --pembekuan setiap asetnya di bank AS-- telah dijatuhkan berdasarkan sanksi AS sebelumnya.

Kementerian AS itu menyatakan telah "membidik" Nasrallah berdasarkan US Executive Order 13583, yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama pada Agustus 2011, sebagian untuk menindak mereka yang membantu Suriah menindas protes terhadap Presiden Bashar al-Assad.

Lebih dari 27.000 orang diduga telah tewas dalam konflik 17-bulan di Suriah. Kementerian Keuangan AS juga menyatakan kementerian tersebut menjatuhkan sanksi atas dua anggota lain Hizbullah yakni Mustafa Amine Badreddine dan Talal Hamiya.

Mustafa telah dituntut oleh satu pengadilan PBB dalam pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon Rafik al-Hariri pada 2005. Sementara Talal Hamiya adalah pemimpin organisasi keamanan eksternal Hizbullah.

Kedua orang tersebut dibidik berdasarkan Executive Order 13224 "karena menyediakan dukungan bagi kegiatan teror Hizbullah di Timur Tengah dan seluruh Dunia", kata Kementerian Keuangan AS di dalam satu pernyataan tertulis sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (14/09).

Perintah pelaksana itu juga membekukan aset sasaran yang berada di dalam jurisdiksi AS.

"Dengan membantu aksi kekerasan al-Assad terhadap rakyat Suriah dan mendukung rejim yang tak terelakkan akan jatuh, Hizbullah merusak kestabilan regional dan menimbulkan ancaman terhadap Lebanon," kata Wakil Menteri Keuangan AS David Cohen. (Antara/Bsi)


Source : Newswire

Editor :

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.