Kamis, 28 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Pancasila Merupakan Pilar Bangsa Indonesia

Editor   -   Selasa, 09 Oktober 2012, 17:24 WIB

BERITA TERKAIT

Fundamental negara Indonesia termasuk di dalamnya Pancasila, merupakan sebuah keharusan dalam pembangunan Indonesia.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai Pancasila merupakan sebuah arti penting untuk negara ini dan selayaknya dipahami bersama. Namun pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia terindikasi mulai dilupakan, bahkan sebagian warga Indonesia tidak mengetahui lagi sila dari Pancasila.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Pancasila memang harus dipahami dan diayomi, karena makna Pancasila sebagai fundamental negara merupakan sebuah nilai tersendiri bagi rakyat kita.

Kalau kita lihat perkembangan zaman saat ini memang Pancasila kurang dipahami oleh sebagian rakyat, namun dengan kebangkitan Pancasila ini, saya berharap rakyat bisa menyumbangkan sebuah semangat baru dan mengantarkan bangsa Indonesia ke masa depan yang mampu mempertahankan keberlanjutannya.

Sebagai rakyat saya juga berharap pilar bangsa ini terutama Pancasila mampu mengantarkan bangsa Indonesia merespons perkembangan lingkungan strategis, global, regional, serta nasional. Dan selayaknya pula sebagai rakyat kita harus memahami makna Pancasila tersebut.

Rakyat sudah selayaknya memang perlu penghayatan dan pemahaman arti Pancasila tersebut, karena makna dan arti dari sila-sila yang terkandung dalam Pancasila punya ciri tersendiri dalam pembangunan bangsa yang mandiri.

Dan saya juga berharap pada lembaga-lembaga pendidikan, bisa memberikan pelajaran Pancasila kepada generasi penerus bangsa ini agar fundamental dan kepercayaan mereka terhadap bangsa ini menjadi besar, dan niscaya ketika pemahaman pancasila ada di pola pikir rakyat nantinya mereka percaya sepenuhnya bahwa Indonesia merupakan negara yang besar.

Rasa nasionalis yang ada di rakyat pastinya teruji ketika mereka memahami arti sepenuhnya tentang Pancasila ini, semoga Indonesia besar dan semoga pemahaman arti Pancasila tidak tergerus perkembangan zaman selanjutnya.   

 
 
Bintang Anggoro Jatmiko
 Warung Jati Barat (Margasatwa). Kel. Jatipadang. Kec Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Editor :

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.