Minggu, 20 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

TOKOH DUNIA: Inilah 10 orang Paling Berkuasa di Dunia

Sutarno   -   Kamis, 06 Desember 2012, 10:20 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA:  Majalah Forbes  Rabu (5/12/2012) waktu New York atau Hari ini, Kamis (6/12/2012), waktu Jakarta merilis daftar orang paling berkuasa atau berpengaruh di dunia.

Yang menarik dari daftar tersebut adalah fakta bahwa  orang paling berkuasa selalu berkaitan dengan posisi atau jabatan politik.  Sebut saja Presiden AS Barack Obama yang menempati peringkat teratas. Begitu pula dengan pemimpin di Eropa Angela Merkel dan Vladimir Putin yang menempati peringkat ke-2  dan ke-3.

Daftar 10 Orang Paling berkuasa di Dunia 2012

No

Nama

Jabatan

No

Nama

Jabatan

1

Barack Obama

Presiden AS

6

Ben S. Bernake

Gubernur The Fed

2

Angela Merkel

Kanselir Jerman

7

Abdullah bin Abdulaziz al Saud

Raja Arab Saudi

3

Vladimir Putin

Presiden Rusia

8

Mario Draghi

Gubernur Bank Sentral Eropa

4

Bill Gates

Pemilik Microsoft

9

Xi Jinping

Sekjen Patrai Komunis China

5

Paus  Benedict XVI

Pemimpin Vatikan

10

David Cameron

PM Inggris

Sumber: Forbes

Meskipun demikian, para penggiat bisnis teknologi informasi (TI) boleh berbangga karena tokoh paling berpengaruh peringkat ke-4 dianugerahkan kepada penggiat bisnis software (peranti lunak komputer) Bill Gates.

Siapa yang tak kenal dengan pemilik Microsoft tersebut. Karena hampir sebagian besar komputer di dunia menggunakan sistem operasi Windows yang dikembangkan Microsoft.

Gubernur Bank Sentral AS (The Fed)  Ben S. Bernake dan Gubernur Bank Sentral Eropa Mario Draghi sebenarnya bisa juga dikaitkan dengan keterwakilan dunia bisnis di peringkat 10 besar orang paling berpengaruh di dunia.

Namun, eksistensi kedua sosok tokoh itu lebih berkaitan dengan kewenangan mereka sebagai regulator dan melekat kepada lembaga yang mereka pimpin.

Jadi, boleh dibilang siapa pun yang menjadi Gubernur The Fed  dan  Gubernur Bank Sentral Eropa, keduanya akan menjadi tokoh paling berpengaruh karena dituntut untuk mengeluarkan regulasi guna menyelamatkan perekonomian dunia.

Yang menarik lagi,  Mark Zuckerberg terlempar dari posisi sepuluh besar. Tahun lalu, pendiri situs jejaring sosial Facebook tersebut masuk peringkat 10 besar Forbes di posisi ke-9. Namun di daftar orang paling berpengaruh di dunia 2012, Zuckerberg hanya menempati posisi ke-25. (sut)


Editor : Sutarno

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.