Sabtu, 01 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PERAYAAN TAHUN BARU 2013: Kota Batu Diserbu Wisatawan

Editor   -   Selasa, 01 Januari 2013, 17:59 WIB

BERITA TERKAIT

BATU—Suasana Tahun Baru 2013 di Kota Batu Jawa Timur diwarnai dengan membanjirnya wisatawan lokal di sebagian besar obyek wisata yang ada di kota dingin tersebut. Kemacetan di Kota Batu tak terhindarkan.

Momentum tahun baru benar-benar dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di Batu. Dan wisatawan dari luar Batu yang menggunakan kendaraan sepeda motor terlihat mendominasi.

Marketing Manajer Jawa Timur (Jatim) Park 1 Kota Batu Titik S. Ariyanto mengatakan tingginya wisatawan pengguna sepeda motor tersebut tidak terlepas dari kondisi yang ada di Batu yang macet selama musim libur saat ini.

“Pengunjung ke Jatim Park kali ini didominasi oleh pengguna kendaraan bermotor. Mungkin lebih praktis menggunakan sepeda motor untuk menghindari macet ketimbang harus mengendarai mobil,” kata Titik kepada Bisnis di Batu, Selasa (1/1/2013).

Mengingat tingkat kemacetan di Batu sudah sedemikian tinggi. Hampir sebagian poros utama menuju pintu masuk Kota Batu maupun ke obyek wisata tak bisa terhindarkan dari kemacetan.

Pengunjung Jatim Park 1 ujar dia sepanjang hari kemarin tercatat mencapai 5.000 orang untuk tiket reguler seharga Rp60.000 per lembar. Sedangkan untuk paket terusan yang bisa mengunjungi Jatim Park Grup yakni Jatim Park 1 dan 2 seharga Rp150.000 per lembar mencapai 200 orang.

Membanjirnya pengunjung yang datang juga tidak terlepas dari faktor cuaca sepanjang hari kemarin. Hujan yang sempat mengguyur namun hanya berlangsung sesaat membuat wisatawan menyerbu obyek wisata yang ada.

“Tidak bisa dipungkiri faktor hujan juga berpengaruh besar terhadap tingkat kunjungan. Terutama bagi wisatawan yang datang namun tidak menginap di Batu.”

Obyek wisata lainnya di Kota Batu seperti Pemandian Selecta, Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti, maupun Pemandian Air Panas Cangar, juga diserbu pengunjung. Pengunjung naik tajam jika dibandingkan dengan hari biasa.  

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu Mistin mengatakan selama tahun baru Batu memang menjadi tujuan wisatawan yang datang dari sejumlah kota besar.

“Sebagian besar diantara wisatawan tersebut telah bermalam untuk melewatkan pergantian tahun di Kota Batu,” jelasnya.

Bahkan pada malam pergantian tahun suasana di Kota Batu terlihat semarak dan sebagian besar sudut kota dibanjiri massa yang berimbas terjadinya kemacetan di sejumlah titik utama. (JIBI/k25/sut)


Source : Mohammad Sofi`i

Editor : Sutarno

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.