Kamis, 31 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PILKADA JABAR: Teten Janji Genjot BUMD, Yang Sakit Dievaluasi

  -   Rabu, 13 Februari 2013, 21:09 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, BANDUNG - Cawagub Jabar yang diusung PDIP Teten Masduki mengatakan keberadaan BUMD yang hanya menghabiskan anggaran APBD harus kembali dikaji.

Dia mengatakan sejak awal pembentukan BUMD harus jelas dulu maksud dan tujuannya. Dia mengatakan BUMD merupakan perusahaan yang mayoritas dibiayai  APBD sehingga BUMD itu selain profit oriented juga harus berfungsi melayani masyarakat.

“Jadi, sangat disayangkan kalau BUMD yang kita bentuk ini masih bersifat cost center saja,” katanya pada Bisnis, Rabu (13/2).

Teten yakin kinerja BUMD bisa digenjot karena sudah memiliki rencana bisnis yang baik sehingga mampu mendapatkan kepercayaan berupa penyertaan modal. Namun, menurutnya, rencana bisnis harus pula ditopang manajemen  profesional sesuai dengan aturan UU BUMN dan PP yang mengatur pembentukan BUMD.

“Dimana apabila ada perwakilan birokrasi pemerintah masih memegang kendali terhadap operasional BUMD tadi, maka mereka harus memilih apakah akan tetap sebagai PNS atau menjadi orang profesional di BUMD itu,” katanya.

Teten sendiri menilai BUMD Pemprov Jabar perlu dibentuk holding company untuk mengelola seluruh BUMD sehingga campur tangan pemda yang selama ini mengganggu manajemen bisa diperkecil. “

“Holding Co dikelola oleh para profesional, tapi harus tunduk pada kebijakan pemda dalam menjalankan usahanya,” paparnya.

Kemudian, katanya, BUMD harus dibuat berdasarkan kondisi potensi daerah dan serta memiliki target pasar yang jelas.

Menurut Teten, kelemahan BUMD di Jabar akibat status awal pembentukannya dengan nama perusahaan daerah (PD)  di mana mayoritas pegawai adalah PNS yang belum memiliki jiwa enterpreneur.

Intinya, dengan adanya holding untuk mendirikan perusahaan-perusahaan atau BUMD baru sangat mungkin bahkan akan lebih cepat karena pengelolaanya tidak akan melibatkan birokrasi dan legislatif.

“Pemda hanya setor permodalan ke holding company, kemudian BUMD yang sakit akan direvitalisasi oleh holding bahkan mungkin di likuidasi kalau dari sisi bisnis dan misinya tidak tercapai,” katanya.(k57/yri)


Source : Wisnu Wage

Editor : Other

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.