Senin, 22 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PEMILIHAN PAUS: Konklav Mulai Sore Ini

Stefanus Arief Setiaji   -   Selasa, 12 Maret 2013, 10:07 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM,JAKARTA--Konklav, ritual khas untuk memilih Sri Paus selaku pemimpin tertinggi gereja Katolik, dimulai hari ini Selasa (12/3/2013) mulai pukul 10.00 waktu Roma Italia, atau sekitar pukul 16.00 WIB.

Pemilihan Paus akan diikuti oleh 115 kardinal dari seluruh dunia yang berusia di bawah 80 tahun.

P. Markus Solo, SVD, salah seorang Pastor Indonesia yang berada di Vatikan Roma melaporkan ritual pemilihan akan dimulai dengan misa pembukaan Konklav atau Pro Eligendo Romano Pontifice di Basilika Santo Petrus.

Misa dipimpin oleh Kardinal Angelo Sodano, pemimpin Kollegium para kardinal. Misa tersebut dapat diikuti oleh seluruh umat Katolik yang juga tengah menanti hadirnya Paus baru.

Sore hari, tepat pukul 16.30 waktu Roma para kardinal pemilih berkumpul di Kapela Paulina di dalam Vatikan. Kardinal ini melakukan prosesi arak-arakan dalam suasana menuju Kapela Sixtina.

Para kardinal pemilih mengenakan pakaian merah dengan segala perlengkapannya. Selama perarakan, para serdadu Swiss dan polisi Italia mengawal dan memastikan bahwa tidak ada pihak luar yang berkontak dengan para kardinal pemilih, demikian sebaliknya.

Setibanya di dalam Kapela Sixtina, para kardinal memilih tempat duduk seperti yang sudah disediakan.

Setelah acara doa selesai, semua kardinal yang tidak turut serta memilih Sri Paus harus meninggalkan Kapela Sixtina. Di dalam Kapela Sixtina, kardinal pemilih tidak boleh berhubungan dengan dunia luar.

Jaringan telepon, internet, surat kabar, dan perusakan sinyal handphone dilakukan untuk menghindari kontak dengan dunia luar.

Setelah diadakan pengecekan dan memastikan bahwa hanya ada 115 Kardinal pemilih di dalam Kepela Sixtina, pintu Kapela Sixtina ditutup sebagai tanda penarikan diri mereka dari dunia luar secara sah dan konklav secara resmi dapat dimulai.

Sejak itu hanya ada 115 Kardinal berada di dalam Kapela Sixtina dan mengurus segala sesuatu secara sendiri.


Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Berlangganan ePaper Bisnis dan Indonesia Business Daily bisa dengan PayPal. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.