Kamis, 02 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

EKONOMI JEPANG: BOJ Ingin Capai Inflasi 2% Dalam 2 Tahun

Ahmad Puja Rahman Altiar   -   Selasa, 26 Maret 2013, 12:33 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, TOKYO—Haruhiko Kuroda, Gubernur Bank of Japan (BOJ) yang baru, ingin mencapai target inflasi 2% dalam 2 tahun dengan membeli lebih banyak surat utang negara (SUN) untuk mengakhiri deflasi dan perlambatan ekonomi.

Di hadapan Parlemen Jepang pada Selasa (26/3/13), Kuroda mengatakan BOJ akan mencabut aturan pembatasan jumlah dan tenor obligasi yang diborong oleh bank sentral tersebut. “Saya memikirkan pencapian target inflasi 2% dalam 2 tahun,” ujar Kuroda.

Pernyataan ini meningkatkan ekspektasi investor akan lebih banyak pelonggaran moneter, sehingga semakin menurunkan nilai tukar yen dan imbal hasil (yield) SUN hingga level terendah dalam 10 tahun terakhir.

Para analis di berbagai bank, mulai dari JPMorgan Chase & Co. hingga Barclays Plc., memprediksi BOJ akan menambah stimulus secepat-cepatnya dalam rapat kebijakan BOJ pada 3-4 April 2013.

Mata uang Jepang melemah 0,2% menjadi 94,31 per dollar Amerika Serikat (AS) pada pantauan pukul 11.18 siang di Tokyo, sedangkan yield SUN Jepang bertenor 10 tahun menyentuh 0,525%, terendah sejak Juni 2003. (Foto:wadsam.com)


Source : Newswire

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.