Rabu, 03 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

BUKU KURIKULUM 2013: Tunggu hasil penilaian BSNP

R Fitriana   -   Rabu, 27 Maret 2013, 08:41 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Buku untuk pelaksanaan kurikulum selesai dipersiapkan dan menunggu hasil penilaian dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyatakan saat ini persiapan dalam implementasi kurikulum lebih matang dan buku yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kurikulum juga sudah selesai.

“Buku tersebut akan dicetak sekitar 28 April 2013 dan kami masih mengirimkan kepada berbagai pihak untuk memberikan masukan,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (27/3/2013).

Menurut dia, implementasi kurikulum 2013 patut dilaksanakan dan didukung oleh anggaran kementerian yang disiapkan di direktorat atau badan teknis lainnya.

Musliar menjelaskan sesuai dengan hasil rapat dengar pendapat pada Rabu (13/3), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta menyelesaikan berbagai dokumen seperti dokumen standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian.

“Sebanyak dua dokumen selesai disusun, sedangkan dua lainnya dalam proses telaah dan diharapkan tidak lama lagi [selesai, sehingga tidak ada hal yang menghalangi pelaksanaan implementasi kurikulum pada Juli 2013,” tuturnya.

Sementara itu, anggaran untuk implementasi kurikulum 2013 ada dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA K/L) Kemdikbud 2013.

Dia menyebutkan, mata anggaran yang menyatakan tentang kurikulum sekitar Rp631 miilar, sedangkan dana pendukung Rp1,1 triliun.

Adapun pos anggaran lainnya adalah dari dana alokasi khusus (DAK) sebanyak Rp 748 miliar, jadi total anggaran selesai semuanya dengan anggaran yang diajukan Rp2,491 triliun.     (ra)


Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.