Sabtu, 25 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

MABES POLRI: Panglima TNI & Kapolri Bakal Diganti?

Winda Rahmawati   -   Rabu, 10 April 2013, 13:53 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Kini merebak isu soal pergantian Panglima TNI & Kapolri. Pasalnya, kabar itu merebak setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungakpan hal itu.

Namun, terkait Kapolri, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar menyatakan pihaknya belum mendapatkan adanya informasi terkait dengan isu penggantian Kapolri maupun Panglima TNI.

Menurut keterangan situs sekretaris kabinet (setkab), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jendral Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September mendatang.

Namun, Boy membantahnya, “Sampai hari ini Mabes polri secara resmi belum mendapatkan informasi terkait dengan rencana penggantian Bapak Kapolri,” kata Boy di Kantor Mabes Polri, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Dalam wawancara tersebut, Presiden SBY mengungkapkan pada Jumat (5/4/2013), Panglima TNI diganti karena faktor usia. Adapun untuk Kapolri, perlu figur baru yang cakap dan bisa menjalankan tugas. “Panglima TNI akan memasuki masa pensiun. Kapolri sebenarnya sampai Januari tahun depan. Tapi, karena Kapolri memiliki tugas penting berkaitan dengan Pemilu 2014, justru penggantiannya tidak bisa mendekati tahun itu,” kata Presiden.

Menanggapi hal itu, Boy menegaskan usia pensiun Kapolri yang sebenarnya merujuk pada Januari 2014. “Adapun apabila ada rencana lain dan belum ada pemberitahuan terkait hal-hal masalah ini, kami akan bisa sampaikan pada masyarakat,”

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional menyebutkan pada pekan lalu (4/4/2013), sudah mengantongi sebanyak 8 nama kandidat pengganti orang nomor wahid Polri.

Komisioner Kompolnas Adrianus Meliala menyatakan pihaknya membuat beberapa kriteria dan track record untuk memilih pengganti petinggi Polri.

Beberapa kriteria yang diharapkan itu antara lain prestasi, kepemimpinan, profil yang berpotensi, dan sekurang-kurangnya masih memiliki masa kerja selama 2 tahun sebelum pensiun.

“Kami sudah punya 8 nama yang potensial menjadi calon Kapolri. Nanti begitu Presiden panggil, kami sampaikan nama-nama calon itu,” ujarnya kepada wartawan di Kantor Kompolnas pekan lalu.

Namun, Adrianus enggan mengungkapkan nama-nama kandidat tersebut. “Yang jelas calon Kapolri itu pernah menjabat sebagai Kapolda, dan dari Komisaris Jenderal dan maupun Inspektur Jenderal ,” terangnya. (foto:Kabar24)((msb)

 

 


Source : Winda Rahmawati

Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.