Sabtu, 30 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

UNJUK RASA: 10.000 Buruh Bakal Demo di Jakarta Hari Ini

Martin Sihombing   -   Rabu, 10 April 2013, 08:58 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Sekitar 10.000 buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia se-Jabodetabek akan menggelar unjuk rasa di sejumlah lokasi Jakarta untuk menyampaikan tuntutan perbaikan nasib mereka.

"Para buruh akan bertemu di titik kumpul bundaran HI dan selanjutnya melakukan jalan kaki menuju Kantor Menko Kesra," kata Presiden Konfederasi Serikat pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Menurut dia, para buruh akan berkumpul di bundaran HI pada pukul 10.15 WIB dan selanjutnya jalan kaki menuju Kantor Menko Kesra pada pukul 11.00-13..30 WIB.

Pada jam sama, katanya, sekitar seribuan buruh alih daya atau "outsourcing" juga melakukan aksi tuntutan perbaikan ke kantor Kementerian BUMN, PLN, PT Telkom, serta PT Pertamina.

Sebagian buruh, kata Iqbal, direncanakan juga melakukan aksi di kantor Kementerian Kesehatan pada pukul 14-17.00 WIB dan pada jam sama buruh juga melakukan aksi di Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dia mengatakan, para buruh menuntut revisi Peraturan Presiden No.12/2013 tentang Jaminan Kesehatan.

"Kami menuntut agar pelaksanaan jaminan kesehatan ke seluruh rakyat mulai 1 Januari 2014 bukan bertahap hingga 2019, juga badan hukum publik, Jaminan Kesehatan Daerah harus lebur ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan)," katanya.

Para buruh juga menuntut revisi Peraturan Pemerintah Nomor 101/2012 tentang penerima bantuan iuran (PBI) berjumlah 150 juta orang dengan iuran Rp22.000 per orang, penerima upah minimal atau lebih kecil termasuk guru honor harus masuk kategori PBI.

"Kami juga menuntut agar pemerintah menghapus alihdaya BUMN," katanya.

Dari hasil pantauan Antara, di sejumlah lokasi yang akan menjadi lokasi unjuk rasa sudah berada petugas keamanan seperti polisi dan Satpol PP, seperti di depan Balaikota yang merupakan kantor Gubernur DKI Jakarta, serta gedung Kementerian BUMN. Keduanya berlokasi di Jalan Meden Merdeka Selatan, Jakarta.(msb)

 

 


Source : Antara

Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.