Sabtu, 29 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PILGUB JATENG: Tiga Pasangan Calon Berebut 27,38 juta Pemilih

Donald Banjarnahor   -   Senin, 15 April 2013, 23:03 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng akhirnya menetapkan jumlah pemilih tetap untuk Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2013 sebanyak 27,38 juta pemilih.

Anggota KPU Jateng Andreas Pandiangan mengatakan jumlah pemilih tetap tersebut didapat setelah pihaknya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) atas Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilgub 2013 yang mencapai 29,62 juta pemilih.

“Setelah dicocokkan dan diteliti, kami memperoleh 27,41 juta pemilih sementara. Kemudian setelah diteliti lagi  turun menjadi 27,38 juta pemilih yang berhak gunakan hak pilihnya pada Pilgub 2013," ujarnya, Senin (15/4/2013).

Dia menjelaskan dari daftar pemilih sementara (DPS) menjadi daftar pemilih tetap (DPT) mengalami penurunan karena ada pemilih yang diketahui ganda, fiktif, telah meninggal dunia, dan pindah dari provinsi Jateng.

Jumlah 27,38 juta pemilih tetap tersebut akan menjadi acuan bagi KPU Jateng untuk menyiapkan logistik Pilgub Jateng, seperti surat suara. Berdasarkan data KPU jumlah pemilih laki-laki dan perempuan cukup berimbang, masing-masing 13,61juta dan13, 77 juta.

Sebelumnya Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Abhan Misbah mengingatkan kepada KPU untuk menyiapkan surat suara cadangan untuk mengakomodir para pemilih yang tidak masuk dalam DPT.

Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi setiap pemilih yang belum terdaftar diperbolehkan untuk mencoblos di Tempat Pemilihan Suara (TPS) dekat tempat tinggal masing-masing dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk.

Pada Pilgub Jateng 2013, KPU menyiapkan 61.951 buah tempat pemilihan suara. Adapun peserta Pilgub Jateng 2013 terdiri atas tiga pasangan, yakni Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Selanjutnya, Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang diusung oleh Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat. Adapun yang terakhir adalah Hadi Prabowo dan Don Murdono  yang diusung oleh enam partai menengah. (dot)


Editor : Endot Brilliantono

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.