Jum'at, 24 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Ini Dia 3 Kandidat Kapolri Pengganti Timur Pradopo

Winda Rahmawati   -   Selasa, 16 April 2013, 12:29 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan ada 3 kandidat terkuat Kapolri baru pengganti Jenderal Timur Pradopo. Sebelumnya, kandidatnya ada delapan.

Tiga kandidat itu antara lain Sutarman, Budi Gunawan, dan Anang Iskandar. Ketiga petinggi polisi ini sama-sama menjabat sebagai Komisaris Jenderal Polisi berbintang 3.

“Itu berdasarkan hasil polling tertinggi yang diusulkan oleh masyarakat. Dari ratusan usulan masyarakat, tiga kandidat itu yang paling banyak,” ujar komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan kepada Bisnis, Selasa (16/4/2013).

Edi mengatakan usulan masyarakat tersebut bisa menjadi bahan yang positif bagi pertimbangan Kompolnas untuk diajukan kepada Presiden. Kompolnas juga akan membuat peringkat kepada masing-masing kandidat Kepala Polri itu. Namun, keputusan pemilihan Kapolri itu mutlak pada hak prerogratif Presiden.

Berdasarkan UU No.2/2002 dan Perpres No.17/2011, Kompolnas berwenang memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden untuk mengangkat dan memberhentikan Petinggi Polri.

Saat ditanya apakah pemberhentian Jenderal Timur Pradopo merupakan usulan dari Kompolnas, Edi menjawab, “Biar Kapolri yang akan datang lebih bagus. Tegas, mampu bersinergi dengan TNI lebih demoktratis,” ungkapnya lalu tertawa.

Sementara itu, Komisioner Kompolnas M. Nasser mengakui ketiga calon itu sudah digodok dan tentu akan diajukan kepada Presiden. “Ini 3 saja ya di antara yang saya berikan,” katanya.

Komisi Kepolisian Nasional sebelumnya menimbang delapan kandidat a.l. Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman, Komjen Pol Anang Iskandar, Komjen Pol Budi Gunawan, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayu Seno.

PROFIL 3 KANDIDAT:

1. Komjen Pol Drs. Sutarman. (Akpol 81). Lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah, 5 Oktober 1957. Dia merupakan Kabareskrim Mabes Polri yang aktif sejak 6 Juli 2011. (foto kiri)

2. Komjen Pol Drs Budi Gunawan. (Akpol 83). Dia merupakan Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol) yang aktif sejak Desember 2012. (foto tengah).

3. Komjen Pol Drs. Anang Iskandar (Akpol 83). Lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 18 Mei 1958. Dia adalah Kepala BNN yang aktif sejak 11 Desember 2012. (foto kanan)


Source : Winda Rahmawati

Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.