Jum'at, 21 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

DAFTAR CALEG: 5 Partai Politik Dijadwalkan Serahkan DCS Hari ini

Fahmi Achmad   -   Minggu, 21 April 2013, 10:33 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA - Lima dari 12 partai politik peserta Pemilu 2014 dijadwalkan menyerahkan daftar nama bakal calon anggota DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Minggu.

Keenam parpol tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrat.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Penyusunan kandidat Daftar Calon Sementara (DCS) Partai Demokrat, Suaidi Marasabessy mengatakan penyerahan daftar nama kandidat dilakukan sebelum tenggat waktu yang ditetapkan KPU.

"Kami mendaftar, Minggu," katanya.

Sementara itu, PDIP akan menyerahkan daftar bacaleg ke KPU secara serentak di seluruh provinsi dan kabupaten di Tanah Air.

Lima parpol lain direncanakan akan menyerahkan daftar bacaleg DPR ke KPU Pusat pada hari terakhir masa pendaftaran, Senin (22/4), sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyerahkan kandidat calegnya pada 16 April.

Salah satu persyaratan pendaftaran adalah berkas pengajuan dan persyaratan bakal calon diserahkan kepada KPU dalam bentuk cetak (hardcopy) dan data lunak (softcopy).

Data dalam bentuk softcopy penting diserahkan kepada KPU karena akan digunakan oleh petugas pendaftaran dalam melacak adanya kenakalan bakal caleg yang mendaftar di lebih dari satu dapil. Selain itu, data softcopy juga dapat memeriksa bahwa bakal caleg tidak mendaftar melalui kendaraan dua parpol atau lebih.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013, verifikasi kelengkapan administrasi bakal caleg dilakukan pada 23 April hingga 6 Mei, kemudian bagi bakal caleg yang belum lengkap secara administrasi akan diberi kesempatan perbaikan pada 9 - 22 Mei.

Setelah itu, penyusunan dan penetapan DCS anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten-kota dilakukan pada 30 Mei - 12 Juni.

(Antara/faa)


Editor : Fahmi Achmad

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.