Rabu, 17 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PTSP: Pelaku Usaha Minta Kepastian Hukum & Efisiensi Perizinan

Rachmad Subiyanto   -   Rabu, 01 Mei 2013, 13:35 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--Pelaku usaha di Balikpapan meminta adanya kepastian hukum dan efisiensi waktu pengurusan izin usaha sehingga tidak menambah biaya investasi yang seharusnya tidak dikeluarkan.

Ketua Kadin Kota Balikpapan Rendi Susiswo Ismail mengatakan selama ini pelaku usaha masih dihadapkan pada ketidakpastian hukum dalam mengurus izin usaha.

Selain itu, pelayanan terpadu satu pintu juga masih belum seperti sebutannya karena masih banyak pintu yang dilalui.

"Ini yang harus diperbaiki pemerintah karena sebagai kota industri dan jasa, izin usaha perlu ada kepastian di sana," ujarnya kepada Bisnis seusai Sosialisasi Penanaman Modal, Selasa (30/4/2013).

Kepastian hukum di antaranya seperti, permasalahan tumpang tindih lahan yang sering terjadi di Balikpapan. Pembebasan lahan yang sudah dilakukan pelaku usaha seringkali harus dilakukan dua kali karena kepemilikan yang tumpang tindih.

Adapun mengenai pelayanan satu pintu, Rendi mengatakan pelaku usaha masih harus mengurus izin pada masing-masing dinas terkait.

"Kalau begini, kan tidak lagi pelayanan terpadu satu pintu. Seharusnya ada perwakilan dari masing-masing SKPD terkait dalam pelayanan tersebut sehingga izin bisa cepat," tukasnya.

Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengakui memang masih perlu penataan organisasi dalam pelayanan terpadu satu, pintu agar waktu pelayanan lebih efisien.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan pembenahan organisasi tersebut.

"Memang perlu waktu agar pelayanan ini bisa lebih baik lagi," katanya.

Dia menambahkan penempatan personel dinas di pelayanan terpadu satu pintu sudah pernah dilakukan. Hanya saja, tidak bisa berjalan efektif ketika ada permasalahan yang perlu diselesaikan oleh pejabat yang lebih tinggi.

"Kalau izinnya normal saja, tidak ada kendala memang bisa. Tetapi agak susah kalau perlu penyelesaian khusus," ujarnya.

Kemudahan perizinan, tambahnya, pasti akan memacu realisasi investasi di daerah. 


Source : Rachmad Subiyanto

Editor : Wiwiek Endah

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Dapatkan data Neraca, Reksa Dana, Waran, Swap, Valas, Obligasi, dan Saham. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.