Jum'at, 25 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

SENGKETA BISNIS: Dituduh Langgar Perjanjian US$1 Miliar, Intel Dituntut

Annisa Margrit   -   Kamis, 02 Mei 2013, 15:03 WIB

BERITA TERKAIT


130502_intel (nytimes.com-yus).jpg

BISNIS.COM, JAKARTA-Lehman Brothers Holdings Inc., yang telah bangkrut pada 2008, menuntut Intel Corp. dengan tuduhan pelanggaran perjanjian swap sebesar US$1 miliar.

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg, berdasarkan perjanjian yang dilakukan pada 2008, Intel memberikan Lehman produk derivatif dengan nilai US$1 miliar bulan Agustus di tahun yang sama. Mereka menukarnya dengan 50 juta lembar saham di perusahaan pembuat semikonduktor terbesar dunia itu.

Menurut Lehman, pihaknya telah memberikan US$1 juta secara tunai kepada Intel sebagai bagian dari kesepakatan tersebut. Namun, 2 minggu setelah perusahaan investasi keuangan itu mengajukan pernyataan bangkrut, Intel menahan dana itu dan menolak mengembalikannya.

Padahal, menurut Lehman, kerugian yang diderita Intel dalam swap itu jauh di bawah jumlah tersebut. Perusahaan berupaya meminta pengembalian dana plus bunga.

Juru bicara Intel Chuck Mulloy mengatakan pihaknya telah mendapat pemberitahuan mengenai perkara ini. "Kami sedang mengkaji permasalahannya dan belum bisa menyampaikan apapun saat ini," ujarnya.

Lehman dinyatakan bangkrut September 2008. Jatuhnya perusahaan investasi dengan aset US$639 miliar ini menjadi yang terbesar dalam sejarah Negeri Paman Sam.


Editor : Yusran Yunus

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.