Sabtu, 19 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

PILKADA JATENG 2013: Hasil Verifikasi KPK, Cagub Hadi Prabowo Terkaya, Bibit Kedua

Mia Chitra Dinisari   -   Sabtu, 04 Mei 2013, 19:40 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM,JAKARTA--Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan nilai kekayaan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil verifikasi KPK,  nilai kekayaan tertinggi dimiliki oleh calon Gubernur Hadi Prabowo senilai Rp13,51 miliar, kemudian Bibit Waluyo senilai Rp13,17 miliar.

Peringkat tiga nilai kekayaan dimiliki oleh Cawagub Sudjono Sastroatmodjo senilai R04,74 miliar, Cawagub Heru Sudjamtoko Rp4,47, dan Cawagub Ganjar Pranowo senilai Rp3,07 miliar. Cawagub Don Murdono memiliki kekayaan senilai Rp786,82 juta.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Pradja mengatakan verifikasi dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi, sekaligus mengawal penyelenggaraan sejumlah pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) di Indonesia oleh KPK.

Langkah lainnya, katanya, bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan pemilukada berintegritas pada pemilihan calon gubernur  dan calon wakil gubernur Jateng periode 2013-2018.

Menurutnya, salah satu persoalan dalam pelaksanaan pemilu adalah munculnya praktik korupsi, termasuk pada calon yang diusung dan pemilih yang akan menggunakan hak politiknya.

“Karenanya, menumbuhkan pemahaman masyarakat tentang pemilukada yang berintegritas harus dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pemilu yang akhirnya menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan memiliki integritas,” ujar Adnan dalam siaran persnya.

Selain itu, KPK juga memberikan pembekalan kepada seluruh pasangan tentang pelaksanaan konsep good governance yang kelak menjadi modal bagi para cagub-cawagub saat memimpin Provinsi Jateng yang bebas dari korupsi. 


Editor : Bambang Supriyanto

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.