Kamis, 31 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PROGRAM e-KTP: Sinar Fotokopi Tidak Merusak Chip

Sepudin Zuhri   -   Selasa, 07 Mei 2013, 11:17 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Praktisi IT Security Gildas Deograt Lumy menilai sinar mesin fotokopi tidak menyebabkan data yang terdapat dalam chip e-KTP akan hilang dan rusak.

“Kalau menurut saya, mesin fotokopi tidak menyebabkan data pada e-KTP hilang. Menurut saya, tidak yakin sinar membuat rusak, fotokopi itu sinar biasa. Kalau distaples kemudian terkena pada chip di e-KTP, maka itu akan membuat data rusak,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (7/5/2013).

Namun, dia belum dapat memastikan apakah hal itu disebabkan material atau bahan dari e-KTP yang kurang berkualitas atau memang sinar fotokopi membuat e-KTP rusak.

Gildas menegaskan jika e-KTP distaples dan terkena pada chip, maka dipastikan akan merusak data-data yang terdapat dalam e-KTP tersebut.

Dalam e-KTP  dilengkapi dengan chip yang memuat biodata, pas photo, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga e-KTP  tidak dimungkinkan lagi dipalsukan atau digandakan. 

Dia menambahkan sinar pada mesin fotokopi juga sama dengan pada scanner.


Editor : Sepudin Zuhri

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.