Kamis, 24 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

PILGUB JATENG: Jelang Minggu Tenang KPU Kordinasi Dengan Pihak Terkait

Endot Brilliantono   -   Rabu, 22 Mei 2013, 17:56 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SEMARANG -- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk persiapan masa tenang pada 23--25 Mei 2013 sebagai bagian dari pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng.

"Hasil koordinasi dengan kepolisian, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jateng, satuan polisi pamong praja, dan tim kampanye, disepakati bahwa semua atribut serta alat peraga yang terpasang di jalan dan radius 200 meter dari tempat pemungutan suara akan dibersihkan pada hari Kamis (23/5) pukul 00.00 WIB," kata anggota KPU Jateng Nuswantoro Dwiwarno di Semarang, Rabu (22/5/2013).

Menurut dia, atribut dan alat peraga masih boleh dipasang di posko-posko pasangan calon gubernur serta kantor partai politik.

Menurut dia yang dilarang pada masa tenang adalah pemasangan berbagai alat peraga terkait dengan Pilgub Jateng di tempat  umum dan lokasi yang menyalahi peraturan gubernur atau peraturan wali kota.

"Mengingat kepentingan Pemilihan Umum 2014, atribut dan alat peraga yang tidak berhubungan dengan Pilgub Jateng 2013 masih boleh terpasang asal tidak terdapat gambar pasangan cagub," ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan Pilgub Jateng pada tanggal 26 Mei 2013, KPU mewajibkan saksi-saksi dari pasangan cagub membawa surat mandat yang ditandatangani oleh tim kampanye provinsi atau kabupaten/kota dan diserahkan kepada ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara.

"Setelah menyerahkan surat mandat kepada ketua KPPS maka yang bersangkutan diperbolehkan masuk di TPS dan berhak mendapatkan berita acara hasil pemungutan suara yang ada di TPS masing-masing," katanya.

Nuswantoro mengaku bahwa pihaknya belum dapat memastikan saat ditanya lokasi TPS mana saja yang digunakan tiga peserta Pilgub Jateng untuk menyalurkan hak politiknya.

"Kalau mengenai hal itu bisa ditanyakan langsung ke tim kampanye pasangan cagub," ujarnya.

Pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono yang diusung koalisi enam partai politik, yakni PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, PKNU mendapat nomor urut 1.

Pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN mendapat nomor urut 2, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan mendapat nomor urut 3. (Antara/dot)


Editor : Endot Brilliantono

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.