Senin, 22 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PILKADA MALUKU: Ini Dia Visi Misi dari 5 Kandidat

Fajar Sidik   -   Jum'at, 24 Mei 2013, 06:25 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, AMBON - Lima pasangan Calon Gubernur dan Wagub Maluku yang memyampaikan visi-misi mereka dalam rapat paripurna khusus DPRD provinsi setempat menyoroti masalah kesejahteraan rakyat.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Maluku M. Fatani Sohilauw, di Ambon, Kamis (23/5/2013), para calon gubernur memaparkan program pemberdayaan masyarakat, investasi, pendidikan dan kesehatan, pengangguran dan kemiskinan, juga pembangunan infrastruktur dasar.

Pasangan nomor urut satu, Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Beta Tulus), ingin mengelola sistem pemerintahan yang bersih selama lima tahun ke depan, memajukan masyarakat semakin berkualitas dan makmur, peningkatan ekonomi berdaya saing, dan meningkatkan kerukunan hidup, keharmonisan dan toleransi antarumat beragama.

Mereka juga menawarkan 11 program prioritas utama yang sifatnya terobosan untuk meningkatkan kemakmuran rakyat Maluku, di antaranya Maluku agro industri, Maluku bersaing, Maluku pintar dan sehat, optimalisasi penataan SDA laut serta perikanan.

Pasangan ini juga mengingatkan APBD provinsi yang tidak mampu menjawab program kesejahteraan rakyat karena nilainya yang terlalu kecil.

Hal serupa juga disampaikan pasangan cagub nomor urut dua, Jacobis Puttileihat-Arifin Tapi (Bobara) yang menyoroti masalah kemiskinan dan pengangguran sehingga perlu pengelolaan sumberdaya alam secara profesional lewat peranan investor.

Pasangan ini menargetkan adanya jumlah peningkatan investasi ke Maluku guna membangun pabrik-pabrik besar yang bisa menyerap tenaga kerja relatif lebih banyak.

Pasangan Abdullah Vanath-Marthin Jonas Masspaitella yang disapa 'Damai' (nomor urut tiga) mengusung visi-misi sentral menata Maluku yang damai, maju, sejahtera dan berkeadilan.

"Kami juga menawarkan program efisiensi anggaran dan menciptakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) lokal, artinya sumber dananya dari APBD untuk meningkatkan kesejahteraan warga," kata Cagub Marthin Masspaitella dalam rapat paripurna khusus tersebut.

Pasangan nomor urut empat, Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat), menyoroti masalah pengangguran yang masih tinggi, sehingga mereka menawarkan sejumlah program strategis untuk memajukan daerah ini dan meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Adapun pasangan Cagub-Wabub nomor urut lima, Said Assagaff-Zeth Sahuburua (Setia) menilai seluruh visi-misi para kandidat sangat strategis untuk memajukan daerah, jadi siapa pun yang nantinya terpilih sebagai gubernur dan wagub bisa menyatukan seluruh visi-misi yang telah disampaikan.


Source : Newswire/Antara

Editor : Fajar Sidik

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Berlangganan ePaper Bisnis dan Indonesia Business Daily bisa dengan PayPal. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.