Jum'at, 24 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

SNMPTN 2013: Mulai 2013, Universitas Andalas Berlakukan Uang Kuliah Tunggal

Yusran Yunus   -   Senin, 27 Mei 2013, 17:33 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, PADANG-Universitas Andalas (Unand) Padang akan memberlakukan sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru mulai 2013 sesuai dengan keputusan yang telah ditetapkan oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Uang kuliah tunggal merupakan kebijakan nasional yang wajib dilaksanakan oleh perguruan tinggi dan akan diterapkan untuk mahasiswa 2013, sedangkan mahasiswa lama tetap mengikuti kebijakan yang berlaku sebelumnya," kata Rektor Unand, Werry Darta Taifu, Senin (27/5/2013).

Dia menjelaskan uang kuliah tunggal itu jumlahnya bervariasi bagi mahasiswa baru di setiap fakultas pada lingkungan Unand, mulai dari yang terendah sebesar Rp500 ribu hingga tertinggi sebesar Rp12 juta.
Uang kuliah tunggal tersebut dibagi atas lima tingkatan, level I merupakan yang terendah dan level V yang tertinggi.

"Uang kuliah tunggal terendah akan diberlakukan kepada mahasiswa dengan latar belakang orang tua buruh berpenghasilan tidak tetap atau PNS golongan I serta tidak tertampung dalam beasiswa Bidik Misi," katanya.

Menurutnya, uang kuliah tunggal tertinggi untuk fakultas pertanian Rp3 juta, fakultas MIPA Rp4,5 juta, fakultas peternakan (Kampus Unand dan Kampus II Unand Payakumbuh) Rp3 juta, fakultas farmasi Rp5,5 juta, dan fakultas teknik Rp4,3 juta Selanjutnya, teknologi pertanian Rp4 juta, fakultas kesehatan masyarakat Rp5 juta, fakultas keperawatan Rp4 juta, fakultas teknologi informasi Rp5 juta dan fakultas kedokteran gigi Rp11 juta.

Sementara uang kuliah tertinggi fakultas kedokteran dibagi tiga menurut program studi yang ada di fakultas tersebut yaitu program studi kedokteran Rp11 juta, program studi psikologi Rp7 juta dan program studi kebidanan Rp7,5 juta.

Berikutnya, uang kuliah tunggal tertinggi untuk fakultas bidang ilmu sosial juga bervariasi yaitu fakultas hukum dan fakultas ekonomi (Kampus Unand, Kampus II Payakumbuh dan S1 Intake D3) Rp2,7 juta, D3 Rp1,8,juta, Fisip serta fakultas ilmu budaya Rp2,7 juta.

Setelah pengumuman SNMPTN calon mahasiswa yang lulus diwajibkan mengunjungi website Unand untuk mengisi secara online data yang diminta sesuai dengan jadwal yang ditentukan. "Berdasarkan isian, sistem akan menentukan kategori atau level tarif UKT untuk mahasiswa secara otomatis," jelasnya. (antara/yus)


Editor : Yusran Yunus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.