Kamis, 24 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

BIAYA KULIAH di Unair Rp5 juta-Rp12,7 juta/Semester

Sutarno   -   Kamis, 30 Mei 2013, 16:38 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA—Biaya kuliah tunggal di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memiliki 4 variasi besaran dengan biaya terendah Rp5.077.000/semester dan tertinggi Rp12.694.000/semester.

Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Kementerian Pendidikan & Kebudayaan  No.55/2013 tentang  Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dua variasi biaya kuliah tunggal di Unair lainnya adalah Rp6.499.000 dan Rp8.936.000.

Yang dimaksud dengan biaya kuliah tunggal adalah biaya keseluruhan per semester per mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di perguruan tinggi negeri. 

Dari biaya kuliah tunggal itu, kemudian ditetapkan uang kuliah tunggal yang ditanggung mahasiswa per semester berdasarkan kemampuan.

Unair membagi kemampuan biaya mahasiswa menjadi lima kompok yaitu Kelompok I,II,III,IV,V.

Untuk mahasiswa kelompok I dan II, biaya kuliah per semester hanya

Namun, jatah kursi untuk mahasiswa bersubsidi kelompok I dan II tersebut hanya sekitar 10% dari totak jumlah mahasiswa baru yang diterima untuk tahun akademi 2013/2014.

"Uang kuliah tunggal kelompok I diterapkan paling sedikit 5% jumlah mahasiswa yang diterima PTN. Uang kuliah tunggal kelompok II diterapkan paling sedikit 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima PTN," bunyi Pasal 4  Permendikbud No.55/2013 tersebut.

Rincian biaya kuliah dan uang kuliah di Unair selengkapnya dapat di lihat di halaman 4 daftar biaya kuliah di link http://client.bisnis.com/pdf/Premendiknas-55-2013-lampiran-biaya-kulliah.pdf.


Editor : Sutarno

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.