Kamis, 17 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

QUICK COUNT PILKADA LUMAJANG: Calon Petahana Peroleh Suara Terbanyak

Hery Lazuardi   -   Kamis, 30 Mei 2013, 20:16 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, LUMAJANG--Penghitungan sementara Desk Pilkada yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, memenangkan pasangan calon petahana Sjahrazad Masdar-As'at Malik (SA'AT).
Data desk Pilkada Pemkab Lumajang mencatat pasangan SA'AT mendapatkan suara 35,39%, pasangan Agus Wicaksono-Adnan Syarif (ARIF) 24,57%, pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi (ASA) 33,65%, dan pasangan Indah Pakarti-Abdul Kafi 6,40%.
"Hasil rekapitulasi Desk Pilkada Pemkab Lumajang sudah selesai pada Rabu (29/5/2013) malam, tetapi laporan itu untuk kepentingan internal dan bukan untuk konsumsi publik," kata Kabag Humas Pemkab Lumajang, Eddy Hozaini ketika dihubungi, Kamis (30/5/2013).
Menurut dia, mekanisme penghitungan Desk Pilkada berdasarkan data di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) dengan bantuan kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) dan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat juga dilibatkan.
"Tim Desk Pilkada tetap netral dalam melakukan rekapitulasi penghitungan dan tidak ada kepentingan untuk satu pasangan cabup-cawabup," tuturnya.
Kendati demikian, lanjut dia, Pemkab Lumajang masih menunggu hasil rekapitulasi penghitungan secara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang rencananya akan digelar pekan depan.
"Saya imbau masyarakat menunggu hasil penetapan resmi dari KPU karena penghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei berdampak meresahkan masyarakat," ujarnya.
Hasil penghitungan Desk Pilkada berbeda dengan hasil hitung cepat lembaga survei  Proximity yang menyatakan pasangan ASA menang dalam Pilkada Lumajang dengan perolehan suara 36,25%.
Adapun SA'AT memperoleh suara 33,26%, di urutan ketiga dan keempat masing-masing ARIF meraih suara 24,82% dan pasangan Indah Pakarti-A. Kafi mendapat suara 5,67%.
Pilkada Lumajang diikuti empat pasangan yakni Sjahrazad Masdar-As'at Malik yang didukung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar dengan nomor urut 1.
Pasangan Agus WIcaksono-Adnan Syarif yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 2.
Pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 3, dan pasangan Indah Pakarti-Abdul Kahfi yang didukung Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) dengan nomor urut 4. (Antara)


Source : Antara

Editor : Hery Lazuardi

 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.