Selasa, 16 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PEMBUKAAN PENDAFTARAN Siswa Baru Dimulai Hari Ini

Endot Brilliantono   -   Sabtu, 01 Juni 2013, 07:20 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SOLO Sebanyak 15 sekolah akan membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Warga Miskin (Gakin) 2013 Solo, Sabtu-Jumat (1-7/6/2013). Sekolah penyelenggara terdiri dari 17 SMP dan delapan SMA.

Menurut Sekretaris PPDB Solo 2013, Budi Setiono, 17 SMP penyelenggara PPDB Gakin 2013 Solo adalah SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 7, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 10, SMP Negeri 13, SMP Negeri 14, SMP Negeri 15, SMP Negeri 16, SMP Negeri 19, SMP Negeri 23 dan SMP Negeri 27.

Sementara itu, penyelenggara PPDB Gakin 2013 tingkat SMA meliputi SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, SMA Negeri 6, SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8.

Dia melanjutkan, pengumuman PPDB Gakin 2013 Solo, untuk jenjang SMP dan SMA masing-masing dilakukan 10 Juni dan 12 Juni. Daftar ulang peserta PPDB gakin diselenggarakan 13-14 Juni. 

Peserta PPDB gakin akan didaftarkan secara kolektif oleh sekolah asal kepada sekolah yang dituju. Syarat mengikuti PPDB gakin antara lain memiliki nilai rata-rata rapor minimal 7 dari semester VII hingga semester XI SD untuk peserta PPDB gakin SMP. 

Nilai yang sama dari semester I hingga semester V juga berlaku bagi peserta PPDB gakin SMA.

“Selain itu, peserta pun mesti mencantumkan fotokopi rapor yang dilegalisir sekolah, kartu Pelayanan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) Gold atau Platinum, dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang ditanda tangani pemerintah setempat,” tuturnya ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (31/5/2013).

Budi menambahkan, PPDB Solo 2013 memberikan kuota sebanyak 20% kepada calon peserta didik asal luar Kota Solo dan 10% peserta didik asal keluarga miskin (gakin). Peserta didik gakin harus berasal dari dalam Kota Solo dan diambilkan dari 80% kuota peserta didik dalam kota.

Mengenai jumlah kuota peserta didik yang akan diterima, panitia tetap mengacu daya tampung seluruh sekolah peserta PPDB Solo 2013. Hingga Jumat siang, pihaknya mengaku belum menyusun data kuota PPDB Gakin 2013 Solo yang telah disetorkan oleh masing-masing sekolah.

Kepala SMA Negeri 7 Solo, Sukardjo, mengatakan selain nilai rapor dan nilai Ujian Nasional (UN), pihaknya juga akan melakukan survei by name by address kepada masing-masing pendaftar PPDB Gakin di sekolahnya.

Tujuannya agar sekolah bisa memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar layak bagi PPDB Gakin.Mengenai kuota siswa gakin yang akan diterima, pihaknya mengaku masih akan menyesuaikan dengan jumlah siswa yang tidak naik ke kelas XI. (Solopos/Dian Erika Nugraheny/dot)

 

BACA JUGA:


Source : JIBI

Editor : Endot Brilliantono

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Dapatkan data Neraca, Reksa Dana, Waran, Swap, Valas, Obligasi, dan Saham. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.