Sabtu, 26 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

BIAYA PENDIDIKAN: Ini Dia Kampus Termurah Sedunia

Miftahul Khoer   -   Kamis, 06 Juni 2013, 22:46 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA-Di tengah mahalnya biaya pendidikan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung mengklaim satu-satunya perguruan tinggi (PT) termurah sedunia.

Sakrim Miharja, Kepala Humas UIN SGD Bandung mengatakan dengan biaya Rp2 juta-Rp3 juta saja, orang sudah bisa kuliah dan menempati fasilitas anyar. Tahun ini sudah ada pembaruan dan penambahan 11 gedung guna menunjang proses belajar mengajar.

"Kampus UIN Bandung dari dulu memang kampus paling murah sedunia. Uang SPP saja hanya Rp600.000 per semester. Itu lebih murah dari sekolah TK, SD, SMP atau SMA yang ada," katanya kepada Bisnis.

Murahnya biaya kuliah di UIN SGD Bandung, tutur Sakrim memang merupakan ketentuan dari Departemen Agama. Pihaknya mengaku jika ada wacana penaikan biaya, mahasiswa sudah heboh duluan menggelar demonstrasi.

Tahun ini, calon mahasiswa yang mendaftar baik melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SBMPTN) sudah sampai 35.000 orang. Belum ditambah jalur mandiri sebanyak 20% dari kuota penerimaan.

Jurusan-jurusan yang paling banyak diminati di UIN SGD Bandung antara lain Manajemen, Administasi Negara, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Manajemen Keuangan Syariah.

Tahun ini, UIN SGD Bandung akan menerima sebanyak 5.120 mahasiswa dari jalur SNMPTN, SBNMPTN dan jalur mandiri. "Untuk jalur mandiri sendiri dibuka pada 4 Juni-28 Juni. Setiap mahasiswa dikenai uang pendaftaran Rp200.000," katanya.


Editor : Fatkhul Maskur

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.