Sabtu, 01 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

PENCUCIAN UANG: Ini Pihak yang Dapat Dijerat Pasal TPPU

Novita Sari Simamora   -   Selasa, 11 Juni 2013, 12:46 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, BOGOR--Hati-hati dengan uang yang ditransfer dan barang berharga yang diberikan oleh kerabat anda. 

UU No. 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dapat menjerat pelaku, penerima dan orang yang berusaha menyamarkan asal-usul aset hasil kejahatan.

Ketua Kelompok Legislasi Direktorat Hukum Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Fithriadi Muslim menjelaskan UU TPPU tak hanya fokus pada pelaku tapi juga mengikuti pergerakan uang pelaku, pentransfer, penyamaran dan kepada siapa aset hasil kejahatan.

"Pihak yang membantu akan dihukum. Lalu diproses dan perampasan aset hasil tindak kejahatan," jelasnya saat diskusi TPPU, Selasa (11/6/2013).

Berikut oknum bisa terjerat TPPU serta pidana penjara dan denda:

1. Pelaku aktif, setiap orang yang menempatkan, menitipkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, membawa ke luar negeri, menukar mata uang atau surat berharga, sesuai pasal 3 UU TPPU maka akan dipidana penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar.

2. Pihak yang menyamarkan asal-usul, sumber dan lokasi, peruntukan, pengalihan hak-hak atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan akan dikenakan pidana paling lama 20 tahun penjara. Denda paling banyak Rp5 miliar.

3. Bukan pelaku namun menikmati atau menguasi harta kekayaan atau aset hasil kejahatan akan dipidana 5 tahun paling lama serta denda paling banyak Rp1 miliar.

Lebih lanjut, Fithriadi menjelaskan agar setiap penerima aliran dana berniat dan berusaha mengetahui sumber dana tersebut.


Editor : Sepudin Zuhri

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.