Rabu, 17 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

KPU JATENG Minta Masyarakat Kritisi Daftar Calon Sementara

Endot Brilliantono   -   Jum'at, 14 Juni 2013, 02:45 WIB

BERITA TERKAIT

SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk turut mengkritisi 1.041 calon anggota DPRD provinsi ini  yang masuk dalam daftar calon sementara atau DCS.

“Dengan adanya masukan dari masyarakat terhadap DCS yang diumumkan pada 13–18 Juni 2013 tersebut diharapkan akan diperoleh calon-calon anggota DPRD Jateng yang berkualitas,” kata anggota KPU Provinsi Jateng Nuswantoro Dwiwarno di Semarang, Kamis (14/6/2013).

Ia menjelaskan bahwa masukan dari masyarakat bisa disampaikan ke KPU Jateng atau KPU kabupaten/kota secara tertulis dengan dilengkapi identitas yang jelas sehingga bisa ditindaklanjuti sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) yang akan diumumkan pada akhir Agustus 2013.

“Jika informasi yang diberikan masyarakat itu benar setelah KPU Jateng melakukan klarifikasi melalui parpol, dimungkinkan ada penggantian DCS,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa jumlah calon anggota legislatif laki-laki yang masuk DCS sebanyak 647 orang, sedangkan calon legislatif perempuan 394 orang.

Menurut dia, tidak semua partai politik mengisi 100 persen kursi di semua daerah pemilihan. Namun, sudah mencukupi minimal 30 persen keterwakilan perempuan dan sebarannya.

“Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, dan Partai Gerindra termasuk partai politik yang mengisi 100 persen kursi, sedangkan Partai Bulan Bintang hanya mendaftarkan 36 calon anggota legislatif,” katanya.

Nuswantoro mengungkapkan, berdasarkan hasil koreksi yang dilakukan KPU Provinsi Jateng terhadap berkas bakal calon anggota legislatif, ditemukan adanya tiga perempuan yang tidak memenuhi syarat, yakni berusia di bawah 21 tahun.

“Selain itu, kami juga menemukan indikasi calon anggota legislatif yang diduga menggunakan ijazah palsu, calon yang pindah partai politik, serta pegawai negeri sipil yang tidak menyertakan surat pengunduran diri,” ujarnya. (Antara/dot)


Source : Newswire

Editor : Endot Brilliantono

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Dapatkan data Neraca, Reksa Dana, Waran, Swap, Valas, Obligasi, dan Saham. Klik disini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik disini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.