Rabu, 23 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

GEMPA ACEH : Rumah Rusak Dibantu Pemerintah

Akhirul Anwar   -   Jum'at, 05 Juli 2013, 08:12 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, JAKARTA--Kepala BNPB Syamsul Maarif  Syamsul melihat kondisi bangunan yang rusak di beberapa titik di Kecamatan Ketol Aceh Tengah Jumat (5/7/2013) dini hari. Pemerintah berjanji akan membantu masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan. 

Sementara itu mengenai data kerusakan rumah masih dalam proses pendataan. Untuk saat ini Kepala BNPB menekankan pengadaan tenda yang harus segera dipenuhi mengingat banyak masyarakat yang masih trauma untuk tinggal di rumah yang masih bisa ditempati.  

Dalam siaran pers yang dirilis Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Syamsul Maarif menyampaikan ucapan rasa keprihatinan mendalam dari Presiden RI kepada masyarakat kedua Kabupaten tersebut yang tertimpa bencana gempa bumi. 

Presiden meminta kepala BNPB turun lapangan secara langsung untuk melihat lokasi bertemu dengan korban gempa dan masyarakat setempat. Seusai mengunjungi lokasi pasca gempa, Kepala BNPB melakukan koordinasi dengan TNI, POLRI, dan pemerintah Kab Bener Meriah dan Aceh Tengah beserta dinas-dinas terkait. 

Syamsul Maarif mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang dibantu oleh TNI dan POLRI karena telah melakukan respon darurat pada periode 72 jam pertama secara baik. Wilayah-wilayah yang terisolir karena jalan longsor telah berhasil diakses dan mencapai masyarakat  yang terdampak gempa.  

Menurutnya, perlu ditekankan pentingnya kepemimpinan (leadership) bupati dalam penanggulangan gempa bumi di wilayah masing-masing. Kepala BNPB menunjuk Dandim setempat sebagai incident commander untuk membantu bupati dalam penanggulangan bencana ini. 

Saat ini masih dilakukan verifikasi mengenai jumlah korban dan kerusakan pasca gempa bumi tersebut. Upaya pemerintah yang dilakukan antara lain pengerahan personil untuk penanganan darurat bencana yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, BNPB, BPBD, SAR, RAPI, dan dinas pemerintah terkait.  (ltc)


Editor : Linda Teti Silitonga

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.