Rabu, 23 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

Bazar Ramadan, Soft Opening Monas Fair 2013 Ditunda

Akhirul Anwar   -   Rabu, 10 Juli 2013, 16:26 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA-Di Kawasan Monumen Nasional akan digelar Bazar Ramadan Monas Fair 2013 selama 26 hari mulai 10 Juli sampai 4 Agustus 2013 oleh pihak swasta.

Sayangnya soft opening yang seharusnya dibuka oleh istri Gubernur DKI Iriana Joko Widodo hari ini terpaksa ditunda ke Kamis (11/7/2013) karena faktor cuaca.

"Kita ada force majeure karena semalam badai membuat tidak bisa mendirikan tenda utama. Dari tempat kita berdiri ini lihat ke ujung Monas ngga kelihatan, narik listrik juga takut, lebih baik ditunda," ujar Media Realtions Bazar Ramadan Monas Fair 2013 Taufik Suzai di Monas, Rabu (10/7/2013).

Pantauan Bisnis.com, panggung utama yang seharusnya digunakan untuk pembukaan belum ada, akan tetapi tenda kecil untuk pedagang UKM sudah berdiri sekitar 260 tenda dengan harga sewa Rp10 juta selama bazar.

Namun bagi yang sudah siap untuk berdagang diperbolehkan langsung berjualan hanya tinggal seremonialnya yang belum. Dalam kurun waktu 3 hari soft opening sampai hari Jumat mendatang, warga Jakarta yang akan masuk ke Monas Fair tidak dipungut biaya.

Namun setelah grand opening pada hari Sabtu (13/7/2013) oleh Gubernur Joko Widodo, panitia penyelenggara Event Organizer Nusantara Adimarga mengupayakan tiket masuk bisa digratiskan. "Kami upayakan tiket setelah grand opening bisa digratiskan," ujar Ketua Divisi Pelaksana Acara Ponco Oetomo.

Selain menyediakan stan bagi UKM, di area selatan dan barat Monas tersebut juga tersedia stan kuliner, stand fashion dan permainan anak. Di tempat itu tidak tersedia panggung besar untuk konser karena panitia sengaja tidak menjual hiburan layaknya Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama menegaskan Monas Fair diselenggarakan oleh swasta. Pemprov tidak setuju kalau penyelenggaraannya dipungut bayaran. "Dia mau bikin semacam dagang gitu, tapi kalau dia pungut bayaran kita tidak izinkan," paparnya.

Konsep yang diharapkan Pemprov, Monas Fair itu seperti pasar murah yang bisa membantu masyarkat Jakarta memenuhi kebutuhan ramadan dan lebaran. Kalau tiket masuk harus bayar lebih baik tidak ada Bazar Monas Fair.

Ahok sudah menyiapkan pasar murah Monas Expo pada 18-20 Juli yang dibiayai APBD melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI. Pasar murah ini akan menjual produk dengan harga yang terjangkau masyarakat Jakarta.


Editor : Fatkhul Maskur

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.