Sabtu, 25 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Mudik Gratis: Pemprov Jatim Siapkan 300 Bus

Rustam Agus   -   Rabu, 10 Juli 2013, 22:56 WIB

BERITA TERKAIT

BISNIS.COM, SURABAYA--Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan sekitar 300 bus untuk program angkutan mudik dan balik Lebaran 2013 secara gratis ke sejumlah daerah di provinsi setempat.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim Sumarsono mengatakan program mudik gratis itu merupakan agenda tahunan, untuk meringankan beban ekonomi warga kurang mampu.

"Saat ini 300 bus sudah disiapkan, ada kemungkinan bertambah jika ada bantuan dari Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekda Pemprov Jatim," katanya, tulis Antara, Rabu (10/7/2013).

Sumarsono mengatakan warga yang berminat mengikuti mudik gratis ke kampung halamannya bisa melakukan pendaftaran yang mulai dibuka pada 15 Juli 2013 dengan membawa sejumlah persyaratan, seperti KTP atau kartu keluarga, sedangkan pendaftaran angkutan balik pada 10-18 Agustus.

Rencananya, pemberangkatan bus mudik gratis dilakukan mulai sepekan menjelang Lebaran melalui beberapa lokasi, antara lain kampus ITS, depan pabrik PT Maspion, dan kantor PWNU kawasan Masjid Al Akbar.

"Bus-bus yang disiapkan melayani berbagai jurusan kabupaten dan kota di Jatim, seperti Trenggalek, Madiun, Pacitan, Tuban, Blitar, hingga Banyuwangi," kata Sumarsono.

Menurut ia, program mudik dan balik Lebaran gratis itu juga diharapkan mampu mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang biasanya meningkat saat Lebaran, sekaligus menekan angka kecelakaan, terutama pemudik kendaraan roda dua.

Selain Pemprov Jatim, sejumlah organisasi dan perusahaan swasta maupun BUMN di Jatim juga biasanya menggelar program mudik bareng setiap Lebaran. (ra)


Source : Newswire

Editor : Rustam Agus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.