Kamis, 02 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Pilkada Maluku Utara: Pasangan AHM-DOA Pimpin Perolehan Suara

Editor   -   Jum'at, 12 Juli 2013, 10:35 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, TERNATE - Pasangan Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa (AHM-DOA) mengungguli perolehan suara lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur lainnya dalam Pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara.

Dari pleno rekapitulasi hasil pilkada Maluku Utara yang telah dilaksanakan pada KPU di delapan kabupaten/kota, secara keseluruhan pasangan AHM/DOA memimpin perolehan suara.
Data KPU Maluku Utara menunjukkan pasangan AHM-DOA yang diusung oleh koalisi Partai Golkar, Hanura, PPP dan PDS meraih total 148.535 suara.

Perolehan suara pasangan AHM-DOA diperkirakan masih akan bertambah, karena masih ada satu kabupaten yakni Halmahera Utara yang belum menyelesaikan plenonya dan di daerah itu sesuai hasil pleno di tingkat kecamatan, pasangan itu meraih perolehan suara terbanyak kedua setelah pasangan Hein Namotemo-Malik Ibrahim.

 Rekapitulasi Suara Pilkada Maluku Utara

Pasangan

Suara

Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa

148.535

Abdul Gani Kasuba-Muh.Nasir Thaib

113.483

Namto Hui Roba-Ismail Arifin

58.942

Syamsir Andili-Beni Laos

56.083

Muhadjir Albaar-Sahrin Hamid

44.706

Hein Namotemo-Malik Ibrahim

40.363

Total

462.112

Data dari delapan kabupaten/kota tersebut menunjukkan pula bahwa pasangan Abdul Gani Kasuba-Muhammad Natsir Thaib yang diusung oleh koalisi PKS dan sejumlah parpol meraih suara terbanyak kedua yakni 113.483 suara.

Untuk posisi ketiga ditempati pasangan Namto Hui Roba/Ismail Arifin yang diusung oleh koalisi PDIP dengan suara sebanyak 58.942, disusul pasangan Syamsir Andili-Beni Laos yang diusung oleh koalisi Partai Gerindra dan 18 parpol non parlemen sebanyak 56.083 suara.

Peringkat selanjutnya, pasangan Muhadjir Albaar-Sahrin Hamid yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat dan PAN meraih 44.706 suara, disusul juru kunci pasangan Hein Namotemo-Malik Ibrahim yang maju melalui jalur independen meraih 40.363 suara.

Ketua KPU Maluku Utara Muliadi Tutupoho membenarkan bahwa sesuai tahapan pilkada, sembilan kabupaten/kota hari ini sudah harus memasukkan hasilnya ke KPU, tetapi baru delapan KPU kabupaten/kota yang telah menuntaskan pleno rekapitulasinya dan hari ini KPU Halmahera Utara dipastikan menyelesaikan rekapannya.

Dia berharap seluruh KPU kabupaten/kota di Malut yang telah menyelesaikan pleno rekapitulasinya agar dapat memasukkan data hasil rekapitulasinya ke Sekretariat KPU Maluku Utara di Sofifi.(antara/yus)


Source : Newswire

Editor : Yusran Yunus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.