Minggu, 31 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Jalur Mandiri Unej, Simpan Baik-Baik Nomor HP Anda

Bambang Supriyanto   -   Minggu, 14 Juli 2013, 11:48 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JEMBER - Pendaftaran jalur mandiri di Universitas Jember, Jawa Timur, yang dibuka Senin (15/7) hingga Kamis (18/7) akan menggunakan nomor handphone yang nantinya sebagai ganti nomor identitas diri.

"Tahun ini pendaftaran jalur mandiri atau dikenal dengan Ujian Masuk (UM) Universitas Jember (Unej) menggunakan nomor 'handphone', tetapi harus nomor GSM," kata Kepala Humas dan Protokol Unej Rokhani, Minggu (14/7).

Menurut dia, para pelajar yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur mandiri seperti Ujian Masuk (UM) Gelombang I di Unej.

"Peserta yang berminat dapat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu di Bank Mandiri dan BNI di seluruh Indonesia. Pada saat membayar itulah menggunakan nomor 'handphone' sebagai ganti nomor identitas diri," katanya.

Setelah membayar dan mendapatkan PIN, lanjut dia, calon peserta melaksanakan pendaftaran "online" melalui https://sister.unej.ac.id dengan mempersiapkan "softcopy" pas foto berwarna ukuran 4X6 dengan ukuran maksimal 100 kb.

UM Unej hanya melayani dua kelompok ujian yakni Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial Humaniora (Soshum) dengan masing-masing calon peserta bisa memilih dua program studi.

"Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran tidak membuka pendaftaran jalur mandiri karena kuotanya telah terpenuhi melalui SNMPTN dan SBMPTN," tuturnya.

Untuk ujian seleksi jalur mandiri itu akan dilaksanakan pada hari Sabtu (20/7) di Kampus Tegalboto Unej, kemudian hasil seleksi rencananya akan diumumkan melalui situs Unej www.unej.ac.id pada 22 Juli 2013 pukul 10.00 WIB.

Rokhani menjelaskan penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi jalur mandiri dengan kuota 50% SBMPTN, 30% SBMPTN, dan sisanya melalui jalur seleksi mandiri seperti UM Unej. (Antara)


Editor : Bambang Supriyanto

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.