Jum'at, 28 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Posko Lebaran 2013, Jabar Siagakan 4.069 Dokter, Perawat di Jalur Mudik

Fatkhul Maskur   -   Selasa, 16 Juli 2013, 11:41 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menyiagakan sebanyak 984 dokter dan 3.085 orang perawat serta bidan untuk melayani pemudik di jalur lintas selatan, utara dan tengah Jawa Barat pada arus mudik Lebaran 2013.

"Tahun lalu dokter yang disiagakan ada 900 dokter tahun ini menjadi 984 dokter yang disiagakan untuk melayani pemudik di ruas jalur mudik yang ada di Jawa Barat," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, di Bandung, Selasa (16/7/2013).

Begitu pun dengan jumlah perawat dan bidan yang disiagakan, kata Alma, tahun lalu jumlahnya hanya 3.000 orang namun sekarang ditambahkan 85 orang sehingga menjadi 3.085 orang.

Dikatakan dia, fungsi dari tenaga media yang bertugas di posko mudik atau puskesmas dan rumah sakit umum daerah itu diharapkan bisa membantu pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Jadi nanti itu kalau kita terapkan sistem rujuk. Kalau di posko tidak memungkinkan, maka rujuk ke puskesmas dan jika puskesmas tidak sanggup maka dirujuk ke rumah sakit," katanya.

Dia mengatakan terkait persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, beberapa waktu lalu pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. "Kemarin kami sudah koordinasi sama Polda dan Dinas Perhubungan Jawa Barat untuk menentukan titik-titik mana yang menjadi posko.”

Menurut dia, koordinasi itu dilakukan karena posko yang didirikan di sepanjang jalur mudik itu bermacam-macam. Karena ada posko ternyata bermacam-macam. Ada posko yang lengkap, ada posko kesehatan atau posko untuk Polda Jabar.


Source : Newswire

Editor : Fatkhul Maskur

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.