Sabtu, 25 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

CPNS LIPI: Dicari 250 Pegawai Baru

Y. Bayu Widagdo   -   Selasa, 03 September 2013, 14:00 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun anggaran 2013 akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 250 formasi untuk fungsional peneliti dan non peneliti.

Pengadaan pegawai baru ini terintegrasi dalam Sistem Informasi Penerimaan (SIPC) CPNS LIPI sebagai satu-satunya pusat informasi dan layanan resmi . Setiap informasi mengenai formasi, pembukaan registrasi pelamar, jadwal pelaksanaan dan informasi penting lainnya dapat diakses melalui situs http://cpns.lipi.go.id.

Menurut Kepala LIPI, Lukman Hakim, proses penerimaan pegawai baru saat ini hanya dilaksanakan secara online melalui website LIPI karena bisa dilaksanakan lebih mudah, murah, dan terbuka bagi calon pelamar, serta transparan.

“Oleh karena itu, setiap orang yang berminat masuk LIPI silahkan terus mengikuti informasi melalui situs kami,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Selasa (3/9).

 Secara umum, persyaratan dan prosedur administratif tidak banyak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Informasi tentatif bisa diakses di halaman INFORMASI sebagai panduan untuk mempersiapkan diri. Penerimaan CPNS LIPI hanya akan mencari kandidat yang terbaik dan yang siap dikirim belajar lagi agar mendapatkan pendidikan yang baik.

"Para CPNS yang lolos seleksi akan dikirim sekolah ke luar negeri. LIPI berharap mereka mendapatkan pendidikan lebih baik. Tujuannya adalah agar LIPI bisa menghasilkan peneliti yang dapat meningkatkan pengetahuan dan teknologi di Indonesia," tukas Lukman.

Syarat untuk menjadi pegawai LIPI terbagi ke dalam dua kategori, yakni syarat umum dan khusus. Syarat khusus a.l. memiliki  kompetensi yang diperlukan, usia minimal 18 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun bagi pelamar berpendidikan S1, 35 tahun bagi pelamar berpendidikan S2, dan 40 tahun bagi pelamar S3. Batasan usia dihitung berdasarkan rencana penetapan TMT CPNS sesuai ketentuan Kementerian PAN dan RB yaitu tanggal 1 Desember 2013; serta umur ijasah terakhir setinggi-tingginya 6 tahun dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dengan skala 4,00.

Bagi pelamar yang berkeinginan menjadi pegawai LIPI, sebaiknya menyiapkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan, terutama untuk tahap pertama saat registrasi online. Dokumen-dokumen, antara lain pasfoto, fotokopi ijasah pendidikan terakhir yang dilegalisir, dan fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir. Untuk proses penerimaan CPNS, dipersyaratkan Ijasah Pendidikan terakhir, sedangkan Surat Tanda Kelulusan TIDAK BERLAKU. Untuk pelamar lulusan dari luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Kemdikbud, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

 

Pasfoto dalam format JPEG dengan ukuran maksimal 30 KB. Sedangkan, berkas fotokopi ijasah dan transkrip dipindai menjadi satu berkas dijital dalam format PDF dengan ukuran maksimal 500 KB. Setelah proses registrasi online dibuka, pelamar yang sudah siap bisa memulai proses pendaftaran dan mengikuti setiap tahapannya. Proses secara online ini menjamin rekruitmen yang bersih dan fair.


Editor : Y. Bayu Widagdo

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.