Jum'at, 28 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

CPNS Pemprov Sulsel 2013: Pendaftaran 7 Hari, Caranya Lihat Di Sini

M. Taufikul Basari   -   Selasa, 10 September 2013, 16:25 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, MAKASSAR--Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk pelamar umum untuk formasi tahun anggaran 2013 sebanyak 113 orang.

Hal itu berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. R/167.F/M.PAN-RB/08/2013 perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah untuk Pelamar Umum Tahun 2013.

Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://bkd.sulselprov.go.id mulai 9 September dan berakhir pada 15 September 2013.

Hal itu tercantum dalam pengumuman No. 800/4186/BKD yang ditandatangani Sekretaris Daerah Sulsel A. Mualim pada Senin (9/9/2013).

Pemprov Sulsel mengalokasikan 66 kursi untuk tenaga kesehatan yakni dokter umum (66), dokter spesialis interna (1), dokter spesialis syaraf (2), dokter spesialis kulit kelamin (1), dokter spesialis anak (1), bidan (14), dan perawat (34).

Untuk tenaga teknis dibutuhkan 29 orang yakni mediator hubungan industrial (7) dengan syarat S1 Ilmu hukum; penyuluh perindustrian dan perdagngan (6) dengan syarat S1 Teknologi Industri; penyuluh pertanian (6) dengan syarat S1 Sosial Ekonomi Pertanian atau Agronomi; pekerja sosial (10) lulusan D.IV Pekerjaan Sosial.

Pemprov juga membutuhkan 16 orang pelatih dan atlit diantaranya untuk pelatih panjat tebing, pelatih selancar angin, atlit anggar, atlit karate, dan atlit layar.

Untuk pelatih dipersyaratkan S1 semua jurusan, sementara atlit minimal sekolah menengah atas kecuali untuk atlit panjat tebing, kempo, dan karate (2 dari 4) yang harus S1 semua jurusan.

Disediakan dua formasi untuk pekerja sosial (penyandang disabilitas) dengan syarat SLTA atau sederajat.

Syarat Pelamar

Persyaratkan pelamar adalah WNI dengan usia paling rendah 18 tahun pada 1 Januari 2013, dan paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Januari 2013.

Batas maksimal bisa menjadi 40 tahun bagi pelamar yang bekerja pada instansi atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 tahun pada 17 April 2002.

Hal itu dibuktikan dengan foto copy surat keputusan yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang dan dilampirkan pada lamaran.

Selain itu, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal adalah 2,75.

Terdapat persyaratan khusus bagi pelamar olahragawan/pelatih olahraga berprestasi menjadi pelatih olahraga.

Bagi olahragawan berprestasi harus memiliki prestasi nyata dengan medali, baik ditingkat nasional maupun internasional, memiliki pendidikan formal minimal S.1 atau SLTA sederajat, dan bersedia menjadi pelatih olahraga sesuai dengan kompetensi keolahragaan.

Bagi pelatih olahraga berprestasi dipersyaratkan mempunyai kecakapan, keahlian, dan keterampilan sebagai pelatih olahraga.

Selain itu juga harus memiliki pengalaman sebagai pelatih yang menghasilkan olahragawan berprestasi baik nasional, regional maupun internasional. Pendidikan minimal adalah S.1 semua jurusan.

Cara Pendaftaran

Setelah mendaftar secara online, tanda bukti pendaftaran dilampirkan pada saat mengajukan surat lamaran kepada Gubernur Sulawesi Selatan, yang ditulis tangan dengan huruf kapital menggunakan ballpoint warna hitam.

Dalam surat lamaran itu dilampirkan foto copy KTP, foto copy ijazah, dan Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak tiga lembar.

Khusus bagi pelamar formasi jabatan Pekerja Sosial penyandang disabilitas tubuh, melampirkan surat keterangan dari dokter pemerintah yang menyebutkan kondisi fisik dan melampirkan foto copy sah ijazah SLTA/sederajat sebanyak satu lembar.

Selanjutnya, berkas lamaran disusun dalam map berwarna kuning bagi pelamar formasi Tenaga Kesehatan, map merah bagi pelamar formasi Tenaga Teknis, map biru bagi Atlit/Pelatih Olahraga berprestasi, dan bagi pelamar formasi pekerja sosial/disabilitas map berwarna hijau.

Setelah dimasukkan ke dalam sampul tertutup, pada sudut kiri atas sampul dicantumkan nama jabatan yang dilamar, jurusan/program studi dan kualifikasi pendidikan.

Berkas lamaran ditujukan Kepada Tim Pengadaan CPNS Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013, melalui PO BOX 9999, mulai 9 September s/d 23 September 2013 (stempel/Cap Pos).

Untuk pengiriman Kartu Tanda Peserta Ujian bagi pelamar yang memenuhi syarat dan surat balasan/jawaban lamaran maka berkas lamaran disertai amplop dan menuliskan alamat dan nomor telephon/Handphone pelamar secara lengkap.


Editor : Martin Sihombing

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.