Kamis, 30 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Surganya Motor Ekspansi 100 Gerai Ban

Miftahul Khoer   -   Kamis, 19 September 2013, 15:08 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, SURABAYA -Jawa dengan populasi motor 64,48% dari komposisi nasional menjadi incaran PT Surganya Motor Indonesia guna memperluas jaringan ritel ban.

Andi Haryoko, President Director PT Surganya Motor Indonesia yang memiliki gerai Planet Ban, menguraikan hingga akhir tahun ditargetkan ada 140 gerai beroperasi. Jumlah itu dengan asumsi ada 100 gerai baru di 2013 plus jumlah toko tahun lalu 40 buah.

"Kami fokus bangun di Jawa untuk gerai yang baru agar mempermudah pengawasan dan distribusi," jelasnya di sela-sela peluncuran gerai ke-100 Planet Ban di Surabaya, Kamis (19/9/2013).

Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia per Agustus 5,13 juta kendaraan didistribusi. Dari jumlah itu 64,48% beredar di pulau Jawa, Sumatra 17,22%, Kalimantan 7,47%, Sulawesi 5,89%, Bali 4,07% dan Papua 0,47%.

Haryoko menuturkan 50% dari jumlah gerai yang ditargetkan berada di kawasan Jabodetabek. Pasalnya, populasi kendaraan roda dua di kawasan itu terpadat di Jawa.

Dalam waktu dekat, sambungnya, direncanakan ada tujuh gerai baru yang dibuka di seputaran Jakarta. Nilai investasi setiap gerai berkisar Rp400 juta sampai Rp500 juta.

Soal pertumbuhan penjualan ban, Haryoko menguraikan rata-rata penjualan bisa naik 15%-20% per tahun. Dengan prospek bisnis semacam itu pada 2014 ditargetkan sudah ada 300 gerai yang berdiri.

"Semua masih fokus di Jawa dan Bali, dan masih tidak diwaralabakan tetapi di bawah pengawasan manajemen," jelas pimpinan usaha bagian dari Indoprima Group yang juga produsen suku cadang kendaraan roda dua.

Manager Marketing dan Komunikasi Planet Ban Bagus Ardian menguraikan guna mempercepat ekspansi gerai dibuka peluang kerja sama. Mitra bisa menyediakan tempat strategis lantas perusahaan menyediakan barang, alat dan personelnya.

"Skema kerja sama dibuka mulai tahun ini agar semakin banyak tersedia diharapkan pasar terjangkau semakin baik," jelasnya.


Editor : Sutarno

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.