Selasa, 02 September 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Wah..3 Juta Buruh Siap Mogok 30 Oktober 2013

Novita Sari Simamora   -   Senin, 30 September 2013, 20:10 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA—Tak kurang 3 juta butuh dari 20 provinsi siap menggelar mogok nasional yang akan melumpuhkan ratusan ribu pabrik, pelabuhan dan bandara.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan mogok nasional akan digelar pada 30 Oktober untuk menyambut pengumuman pemerintah terkait kenaikan upah minimum 1 November 2013 yang akan berlaku per 2014.

“Gabungan serikat buruh nasional dan daerah akan mengkonsolidasikan 3 hari berturut-turut melakukan mogok nasional dalam aksi long march hari ini di Bundaran Hotel Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (30/9/2013).

Said menegaskan  aksi mogok tersebut akan tetap damai tidak anarkis dan tidak menghujat.

Aksi mogok tersebut ingin memperjuangkan kenaikan upah 50% (84item), menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2014 dan hapus outsourcing termasuk outsourcing BUMN.

Dia mengatakan sebanyak 150 elemen buruh nasional dan daerah dari 18 provinsi, serta 100 telah berkumpul menyatakan bersatu untuk berjuang merealisasikan kenaikan upah minimum 50% secara nasional dan Rp3,7 juta untuk DKI Jakarta.  (ra)

 


Editor : Rustam Agus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.