Selasa, 21 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Pemilu 2014: Surat Suara Diduga Palsu Beredar Di Jember

Editor   -   Senin, 14 Oktober 2013, 14:54 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JEMBER - Surat suara untuk Pemilu Legislatif 2014 mulai beredar di kalangan calon legislator dan partai politik Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Memang benar ada surat suara yang sudah beredar, bahkan beberapa calon legislator diajak untuk iuran mencetak surat suara Pemilu Legislatif 2014 itu," kata salah seorang calon legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hafit.

Menurut dia, beredarnya surat suara yang diduga palsu itu dapat merugikan para calon legislator karena meresahkan masyarakat dan membingungkan konstituen jelang Pemilu Legislatif yang digelar April 2014 itu.

"Surat suara itu bahkan sudah beredar di sejumlah desa, padahal pihak penyelenggara pemilu belum melakukan sosialisasi contoh surat suara itu dan bentuknya berbeda dengan surat suara Pemilu Legislatif sebelumnya," tuturnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Ketty Tri Setyorini, mengatakan pihaknya banyak mendapat pertanyaan dari calon legislator dan parpol terkait dengan beredarnya surat suara Pemilu Legislatif 2014 dalam sepekan terakhir ini.

Surat suara yang beredar tersebut, lanjut dia, berbeda dengan surat suara Pemilu Legislatif 2004 dan Pemilu Legislatif 2009 karena bentuknya vertikal dengan nama parpol berurutan dari atas ke bawah, sedangkan nama calon legislator tertulis horisontal sesuai nomor urut.

"Perubahan surat suara tersebut sangat janggal dan diduga yang beredar tersebut adalah contoh surat suara palsu, sehingga kami imbau calon legislator dan parpol tidak terpengaruh dengan hal itu," tuturnya.

Dia mengemukakan pihaknya belum menerima pemberitahuan secara resmi terkait dengan contoh dan format surat suara Pemilu Legislatif 2014 dari KPU pusat.

"Saat ini masih dalam tahap verifikasi nama dan gelar calon legislator yang sudah ditetapkan dalam daftar calon legislator tetap (DCT) hingga akhir Desember 2013," paparnya.

KPU Jember menetapkan sebanyak 575 calon anggota legislator yang akan memperebutkan 50 kursi DPRD setempat dari 12 partai politik peserta Pemilu 2014.(antara/yus)


Source : Newswire

Editor : Yusran Yunus

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.