Jum'at, 25 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

Anggaran DKI 2014 Naik Jadi Rp69,5 Triliun, Ini Rinciannya

Hedwi Prihatmoko   -   Selasa, 03 Desember 2013, 21:45 WIB

BERITA TERKAIT

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo /bisnis.com
bisnis.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI mengusulkan anggaran sebesar Rp69,5 triliun dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2014 atau meningkat 38,7% dibandingkan APBD-Perubahan 2013 DKI sebesar Rp50,11 triliun.

Dari sisi penerimaan, penerimaan DKI berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp39,55 triliun, dana perimbangan Rp15,27 triliun, dan pendapatan daerah lain yang sah Rp7,38 triliun.

Selain itu, ada juga penerimaan pembiayaansebesar Rp7,28 triliun yang berasal dari sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2013 serta pinjaman Bank Dunia untuk Program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).

Gubernur DKI Joko Widodo menyampaikan peningkatan pendapatan ini terutama disebabkan karena adanya perluasan basis pajak. “Perluasan basis pajak ini dilakukan melalui pemanfaatan online system di pembayaran pajaknya,” katanya saat menyampaikan Rancangan APBD 2014 di sidang paripurna DPRD, Selasa (3/12/2013).

Selain meningkatkan pemanfaatan pajak online, peningkatan penerimaan daerah juga berasal dari pajak rokok yang mulai berlaku tahun depan.

Dari sisi pengeluaran, belanja daerah DKI akan digunakan untuk belanja mengikat sebesar Rp13,08 triliun. Kemudian, belanja hibah, belanja bantuan sosial dan bantuan keuangan, serta belanja tidak terduga sebesar Rp1,6 triliun.

Selain itu, ada juga belanja penyelenggaraan urusan pemda sebesar Rp17,16 triliun serta belanja prioritas pencapaian rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sebesar Rp31 triliun.

Adapun, pembayaran utang pokok dialokasikan sebesar Rp9,39 miliar dan penyertaan modal pemerintah (PMP) untuk BUMD sebesar Rp6,62 triliun.


Editor : Fatkhul Maskur

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.