Kamis, 24 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Jika MK Kabulkan Uji Materi Yusril, Bakal Ada 12 Capres

Vega Aulia Pradipta   -   Kamis, 19 Desember 2013, 10:42 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, PEKANBARU—Jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi UU Pilpres yang diajukan Yusril Ihza Mahendra, maka Indonesia bisa memiliki 12 pasang capres dan cawapres pada pemilu tahun depan.
 
Pengamat politik Eep Saefulloh Fatah mengatakan pencoblosan pemilu legislatif pada 9 April 2014, setelah itu partai yang suaranya mencapai 25% secara nasional atau menduduki kursi DPR minimal 20%, baru boleh mencalonkan presiden.
 
“Kalau uji materi Yusril dikabulkan MK, ada 12 pasang capres dan cawapres tahun depan. Kalau tidak dikabulkan, mungkin bisa cuma 4 pasang,” ujar Eep dalam acara BNI economic outlook 2014, Rabu malam (18/12/2013).
 
Pemilu legislatif akan dilaksanakan pada 9 April 2014 dan secara nasional akan diikuti oleh 12 partai politik. Eep mengatakan meski masih tahun depan, namun sebenarnya masyarakat sudah berada dalam penyelenggaraan pemilu mulai saat ini.
 
Berbagai upaya kampanye sudah dirasakan mulai tahun ini dan pada 16 Maret 2014 akan dimulai kampanye yang besar-besaran, hingga 5 April 2014. Kemudian, ada masa tenang selama 3 hari sebelum pencoblosan, yaitu pada 6—8 April 2014.
 
Setelah itu, pada April—Mei 2014 masuk tahap proses pencalonan presiden dan wakil presiden. Kemudian pada Juli 2014 akan dilakukan pencoblosan pilpres putaran pertama, dan jika diharuskan ada putaran kedua maka digelar pada September 2014.
 
“Jika tidak ada halangan, pada 20 Oktober 2014 akan dilantik presiden dan wakil presiden periode 2014—2019, yang tidak akan ada SBY lagi , kecuali beliau mau jadi wakil presiden,” ujarnya.
 
Eep mengatakan ada beberapa partai politik yang saat ini mengalami masalah serius. Partai Demokrat terutama, sejak mencuat kasus Nazaruddin, sejak itu pamor partai menurun. Konvensi juga dinilai tidak banyak membantu.
 
Selain itu, hal serupa dialami oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di sisi lain, ada partai yang justru sedang mendapat momentum, yaitu PDIP karena ada faktor Jokowi dan Partai Gerindra yang diuntungkan dengan faktor ketokohan.


Editor : Rustam Agus

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.