Jum'at, 28 November 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Gunung Slamet Berstatus Waspada, 21 Pendaki Selamat

Nurbaiti   -   Selasa, 11 Maret 2014, 11:01 WIB

BERITA TERKAIT

 Gunung Slamet
Gunung Slamet

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak Senin (10/3/2014) malam, status Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah naik menjadi level III atau Waspada.

Berdasarkan data yang dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), peningkatan kegempaan yang berasal dari aktivitas Gunung Slamet sudah berlangsung sejak Minggu (2/3/2014). Tercatat sejak Sabtu (8/3) hingga saat ini, telah terjadi 441 gempa embusan dan sembilan kali gempa vulkanik dangkal.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, peningkatan kegempaan itu dirasakan di lima kabupaten di wilayah Gunung Slamet, yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik. Masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah Gunung Slamet," ujarnya, seperti dikutip Antara, Selasa (11/3/2014).

Dia menjelaskan peningkatan aktivitas vulkanik terakhir Gunung Slamet terjadi pada Mei dan Juni 2009, yang ditandai dengan keluarnya lava pijar.

/21 Pendaki Gunung Slamet Turun dengan Selamat/

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan sebanyak 21 pendaki yang melakukan pendakian Gunung Slamet sejak Senin (10/3) pagi, berhasil turun dalam kondisi selamat.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, saat para pendaki itu berada di atas, mereka mendengar suara dentuman. Oleh karena itu, mereka segera kembali turun dengan dibantu teman-teman SAR," katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Purbalingga untuk menutup sementara jalur pendakian ke puncak Gunung Slamet melalui Pos Bambangan di Desa Kutabawa.

Saat ini, beberapa gunung berapi di Tanah Air berstatus Waspada, yakni Gunung Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.


Source : Newswire

Editor : Nurbaiti

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.