facebook twitter rss

Ini Tips Ampuh Belanja Online Biar Tidak Tertipu

Reni Efita Hendry Senin, 16/06/2014 15:27 WIB

Loading the player...

Kabar24.com, JAKARTA - Bisnis online di Tanah Air semakin meningkat, tetapi keamanan belanja online masih jadi pertimbangan utama konsumen dalam melakukan transaksi.

Bagi sebagian orang sudah biasa melakukan transaksi online. Namun banyak pula orang yang biasa belanja di pasar konvensional.

Mungkin sudah banyak  informasi yang dibaca tentang tip-tip melakukan transaksi online. Namun perlu pula kiranya membaca tip  aman transaksi di online (e-commerce) melalui PC dan melalui ponsel pintar atau tablet  dari Pendiri dan CEO Lojai.com,  Agus Tjandra.

Beberapa tips belanja aman jika menggunakan PC:

1. Pastikan e-commerce (online store) tersebut memiliki jejaring dengan bank terkemuka di Indonesia, atau sudah ditunjuk oleh bank sebagai rekanan.

2. Pilih e-commerce yang menyediakan alat pembayaran lengkap sehingga memudahkan konsumen saat melakukan transaksi, misalnya menggunakan kartu kredit, internet banking atau sarana pembayaran lain.

3. Saat ingin mengisi form pendaftaran atau login di suatu e-commerce, perhatikan di bagian kiri atas penulisan URL  berubah, misalnya, menjadi https://www.lojai.com/user.php?act=register.  Penambhan ‘s’ di https menandakan ‘secure’ atau aman, di mana semua data yang dimasukkan konsumen sudah dilindungi (dibungkus/dienkripsi ketika data dikirimkan ke server.

4. Akan lebih aman jika e-commerce tersebut minimal telah berdiri atau eksis selama 3 tahun atau sudah terdaftar menjadi anggota idEA (Asosiasi eCommerce Indonesia)  dan memiliki domain lokal co.id (Lojai.com kini sudah bisa diakses di www.lojai.co.id).

 “Untuk tip belanja di ponsel pintar atau tablet kurang lebih sama. Akan lebih baik jika toko online tersebut sudah teregistrasi di Android Market maupun Blackberry World saat akan mengunduh Mobile Apps-nya,” tambah  Agus, dalam rilisnya, Senin (26/5/2014).

Lojai.com merupakan online department store pertama di Indonesia yang meraih rekor MURI pada 2012 untuk cicilan online. Online depstore tersebut didukung lebih dari 11 bank internasional maupun lokal.

Awalnya konsep bisnis yang dikembangkan perusahaan adalah “Catalog Sales Distribution and Promotion” yang dimulai pada 2007.  Melihat tren bisnis masa depan, pada 2008 perusahaan itu mengembangkan bisnis jualan dari via katalog ke online shopping melalui brand pasarkredit.com. Pada 2010, pasarkredit.com diubah menjadi Lojai. (Kabar24.com)

KOMENTAR

Video Terbaru: